Astronom Amatir Terry Lovejoy Kembali Temukan Komet Baru

http:// .blogspot.com/
Citra komet C / 2014 Q2 (Lovejoy) yang terletak di tengah gambar.

Sudah di konfirmasi!!, Astronom amatir Australia Terry Lovejoy baru saja menemukan komet kelimanya, C / 2014 Q2 (Lovejoy). Dia menemukannya pada tanggal 17 Agustus menggunakan CELESTRON C8 dilengkapi dengan kamera CCD di observatorium atap rumahnya di Brisbane, Australia.

“Saya mengambil serangkaian gambar kembar dan menggunakan perangkat lunak untuk menemukan objek bergerak, kata Lovejoy. Perangkat lunak yang saya gunakan kemudian saya cek secara manual dengan mata ketika ada objek dugaan.”

Sebagian besar dari apa yang muncul pada kamera ini adalah asteroid, komet dikenal atau alarm palsu, tapi tidak kali ini. Lovejoy menemukan objek samar kabur di konstelasi Puppis pada pagi hari.

http:// .blogspot.com/
Terry Lovejoy

Dengan kecerahan sekitar magnitudo +15,komet baru ini akan menjadi objek langit selatan sampai akhir musim gugur ini ketika komet ini mengayun ke utara saat melakukan perihelion atau pendekatan terdekat dengan Matahari. Penemuan Lovejoy membutuhkan lebih banyak pengamatan untuk lebih memperbaiki orbitnya, namun berdasarkan data awal, Maik Meyer, pendiri Comet Mailing List, ia menghitung komet ini akan mencapai perihelion pada tanggal 2 Januari 2015.

Pada tanggal itu,komet ini akan berjarak 84 juta mil dari matahari,tapi satu bulan sebelumnya pada tanggal 7 Desember, komet ini akan melintas 6,5 juta kilometer dari Bumi dan terlihat oleh teleskop amatir.

Anda mungkin ingat beberapa komet Terry sebelumnya. Komet Lovejoy (C / 2011 W3), sebuah komet sungrazer yang ditemukan pada November 2011, melintas hanya 87.000 kilometer di atas permukaan matahari. Banyak astronom berpikir komet itu tidak akan bertahan dari panas matahari, namun luar biasa, meskipun banyak intinya dibakar,komet ini memiliki material yang cukup untuk selamat dan membuat ekor yang spektakuler.

Selamat Terry atas temuan komet baru ini!

Update : 

Perhitungan orbit terbaru dari Minor Planet Center berdasarkan 24 observasi sekarang menempatkan perihelion komet C / 2014 Q2 (Lovejoy) terjadi pada tanggal 14 Februari 2015 dan berjarak 164.600.000 mil (265 juta km) dari Matahari. Sementara pendekatan terdekat dengan Bumi akan terjadi pada bulan Januari 2015 dan akan berjarak 93.200.000 mil (150 juta km) dari permukaan Bumi.

 

‘ ‘

Advertisements