Mars Akan Muncul Seperti Bulan Purnama Di Langit Bumi Pada 27 Agustus 2014 Bohong

http:// .blogspot.com/
Gambar ini beredar di Facebook, dengan klaim bahwa Mars akan muncul sebesar dan seterang bulan purnama pada tanggal 27 Agustus 2014. Ini kabar hoax dan jangan percaya.Mars tidak akan pernah muncul sebesar bulan purnama di langit Bumi

Ya … itu terjadi lagi. Kabar ini juga pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2013. Namun kini sebuah email kembali beredar dan media sosial mendengungkan dugaan bahwa pada tanggal 27 Agustus 2014 Mars akan muncul seperti Bulan purnama di langit Bumi.

Seperti ini pesan yang beredar di email : “Ayo lihat Mars yang akan muncul seperti Bulan purnama pada tanggal 27 Agustus 2013, sangat spektakuler. Benar-benar pengalaman sekali seumur hidup”.

Kabar hoax ini juga sempat beredar tahun lalu menyebutkan bahwa Mars dan bulan Bumi akan muncul sebagai “bulan ganda” pada akhir Agustus dan sebuah foto beredar di facebook. Baca disini untuk membaca kabar serupa pada tahun 2013 : Rumor Mars Akan Terlihat Sebesar Bulan Purnama Tanggal 27 Agustus 2013 Hanya Hoax,Jangan Percaya

Bisa dibilang,kabar ini adalah kabar hoax tahunan

Kedengarannya luar biasa! Mungkinkah itu terjadi? 

Jawabannya adalah itu tidak mungkin terjadi. Itu hanya sebuah kabar Hoax/bohong yang dibuat oleh seseorang yang tidak punya kegiatan. Kabar bohong ini telah beredar sejak tahun 2003 dan sudah 11 tahun berjalan.

http:// .blogspot.com/
Planet merah Mars seperti yang terlihat oleh teleskop Hubble.Dapatkah Anda bayangkan melihat ini di langit malam kita? Ini akan menakutkan! Tapi itu tidak akan pernah terjadi.

Faktanya bahwa Mars tidak akan pernah muncul seperti Bulan purnama di langit Bumi. Dan Bulan tidak akan berbentuk purnama pada tanggal 27 Agustus 2014 (Anda mungkin akan melihat Bulan sebagai sabit tipis di barat setelah matahari terbenam). Dan Mars tidak akan tampak cerah atau berada pada posisi terdekat dengan Bumi pada bulan Agustus 2014. Pendekatan terdekat antara Bumi dan Mars tahun 2014 sudah terjadi pada tanggal 8 April dan itu tampak biasa saja.

Sebagaimana terlihat dari Bumi, di bulan ini,Mars tidak akan muncul berdampingan dengan bulan purnama. Jika dilihat dari Bumi, Mars memiliki diameter sekitar 1/140 diameter bulan purnama.

Anda memerlukan 140 planet Mars dan meletakkannya berdampingan untuk menyamai diameter Bulan.

Planet ini sedikit lebih kecil dari Bumi tapi lebih besar dari Bulan Bumi.Mars juga sangat jauh dibanding Bulan. Jarak bulan-bumi hanya beberapa detik cahaya saja.Pantulan cahaya dari permukaan bulan membutuhkan waktu sekitar satu detik untuk mencapai kita di Bumi. Sedangkan cahaya dari Mars memakan waktu lebih lama untuk mencapai Bumi – dari beberapa menit sampai sekitar 20 menit,tergantung dari gerakan Bumi dan Mars mengelilingi matahari.  

Bulan berada lebih dekat dengan Bumi,makanya Bulan terlihat sebagai cakram terang di langit kita. Sedangkan Mars letaknya sangat jauh jadi biar bagaimana pun,Mars hanya akan terlihat seperti bintang di langit malam.

Jadi bagaimana rumor ‘Mars terlihat sebesar bulan purnama’ di mulai? Ini dimulai dengan suatu peristiwa yang sebenarnya, pada tahun 2003. Pada tanggal 27 Agustus 2003,Mars datang sedikit lebih dekat terhadap Bumi yang tidak pernah sedekat itu sejak 60.000 tahun lalu. Jarak Mars saat itu mencapai 34.7 juta mil jauhnya (lebih dari tiga menit cahaya). Orang terakhir yang melihat pendekatan ini di tahun sebelumnya adalah manusia Neanderthal.   

Apakah pemandangan itu spektakuler? Ya! Mars tampak seperti titik api di langit malam.

Apakah Mars sebesar dan seterang bulan, bahkan pada posisi terdekatnya dengan Bumi pada tahun 2003? Jawabannya tidak dan Mars tidak akan pernah muncul sebesar bulan purnama di langit Bumi.

Intinya:    

-Mars tidak akan muncul sebesar bulan purnama pada tanggal 27 Agustus 2013.    

-Mars tidak akan pernah muncul sebesar bulan purnama di langit Bumi.  

Informasi yang beredar yang mengatakan Mars akan sebesar Bulan purnama di langit bumi adalah Hoax/bohong yang dibuat oleh orang kurang kerjaan. 

‘ ‘

Advertisements