Mikroba Ditemukan Hidup Di Bawah Es Antartika, Apakah Luar Angkasa Selanjutnya?

http:// .blogspot.com/
Antartika

Penemuan ekosistem mikroba kompleks jauh di bawah es Antartika mungkin menarik, tetapi tidak berarti bahwa kehidupan selalu ada pada dunia dingin di seluruh tata surya, peneliti mengingatkan.

Para ilmuwan mengumumkan hari ini (20 Agustus) di jurnal Nature bahwa berbagai jenis mikroba hidup di subglacial Lake Whillans, seperti danau air tawar yang terkubur di bawah 2.600 kaki (800 meter) di es Antartika. Banyak mikroorganisme di kedalaman gelap ini tampaknya mendapatkan energi dari batu, para peneliti melaporkan.

Hasil penelitian ini bisa memiliki implikasi untuk mencari kehidupan di luar Bumi, catat Martyn Tranter dari University of Bristol di Inggris, yang tidak berpartisipasi dalam penelitian ini.

Tim ini telah membuka jendela menggoda pada komunitas mikroba di Lapisan Es Antartika Barat, dan bagaimana mereka bertahan dan mengatur dirinya sendiri,” tulis Tranter. “Temuan ini bahkan menimbulkan pertanyaan apakah mikroba bisa makan batu di bawah lapisan es pada objek luar bumi seperti Mars. Gagasan ini memiliki daya tarik lebih sekarang.

Tapi seberapa banyak daya tarik ini menimbulkan masalah perdebatan. Misalnya, astrobiologis Chris McKay dari Ames Research Center NASA di California tidak melihat temuan ini memiliki banyak aplikasi ke Mars atau dunia asing lainnya.

Pertama, jelas bahwa sampel air berasal dari sistem yang mengalir melalui es dan keluar ke laut, kata McKay, yang juga bukan bagian dari tim peneliti.

Baca juga : Wow!! Plankton Laut Ditemukan Hidup Di Luar ISS

Kedua, dan terkait dengan hal ini, hasilnya tidak menunjukkan suatu ekosistem yang tumbuh di tempat yang gelap, sistem gizi terbatas,” kata McKay. Mereka konsisten dengan puing-puing es diatasnya diketahui mengandung mikroorganisme . mengalir melalui dan keluar ke laut. Menarik, tetapi bukan model untuk ekosistem yang tertutup es secara menyeluruh (terisolasi).”

Terisolasi,lautan yang tertutup es yang ada pada beberapa bulan di Tata surya seperti bulan Jupiter Europa dan bulan Saturnus Enceladus mungkin dua objek terbaik untuk menjadi tuan rumah kehidupan di luar Bumi. McKay dan astrobiologists lain akan senang mengetahui apakah lautan ini memang menjadi rumah makhluk hidup.

[embedded content]

Kita mungkin dapat mengetahui hal tersebut tanpa mendarat di Europa atau Enceladus. Gumpalan uap air terlihat menyembur ke angkasa dari daerah kutub selatan kedua bulan ini,yang menunjukkan bahwa wahana dapat diterbangkan di atasnya ketika uap air itu menyembur untuk mengambil sample airnya.

Petinggi NASA dan ESA memikirkan bahwa Europa adalah kandidat pertama. NASA menyusun rencana untuk misi Europa yang dapat diluncurkan pada pertengahan 2020-an, sedangkan ESA bertujuan untuk meluncurkan misi JUpiter ICy moons Explorer (JUICE) untuk mempelajari Bulan Jupiter Callisto dan Ganymede pada tahun 2022.

‘ ‘

Advertisements