NASA : Fosil Tulang Paha Di Mars Hanya Sebuah Batu

http:// .blogspot.com/
Sebuah batu yang ditemukan oleh NASA Curiosity rover di Mars mungkin terlihat seperti tulang paha, namun sebenarnya itu hanya sebuah formasi batuan Mars yang lapuk.

Sebuah foto dari NASA Curiosity rover di Mars membuat heboh internet minggu ini dengan klaim bahwa robot ini telah menemukan tulang paha di Planet Merah. Tapi tidak begitu lama,yang disebut tulang itu hanya batu Mars yang tergerus cuaca, kata NASA mengatakan.

Klaim tulang yang keliru ini pertama kali muncul di sebuah blog UFO dan cepat dijemput oleh media. Begitu banyak berita sehingga NASA merilis artikel tentang foto batu tulang paha Mars ini dengan penjelasan sains, Kamis (21 Agustus).  

Dalam deskripsi foto, pejabat NASA menulis “batu Mars ini mungkin terlihat seperti tulang paha, namun itu bukan sisa-sisa fosil dari makluk Mars misterius. Anggota tim Misi berpikir bahwa bentuk aneh batu ini kemungkinan diukir oleh erosi, baik angin atau air. 

Curiosity telah menemukan bukti bahwa dulunya Mars adalah planet yang layak huni di masa lalu kuno, tetapi tidak ada bukti makhluk yang cukup besar hidup di planet ini yang pernah meninggalkan tulang belakangnya di planet ini.

Jika kehidupan pernah ada di Mars, ilmuwan itu memperkirakan bahwa itu akan menjadi bentuk kehidupan sederhana kecil yang disebut mikroba,” tulis pejabat NASA dalam keterangan foto. Mars mungkin pernah punya cukup oksigen di atmosfer dan di tempat lain untuk mendukung organisme yang lebih kompleks. Dengan demikian, makhluk yang memiliki fosil besar tidak mungkin ada di Mars.

Fenomena batu yang mirip tulang paha ini disebut pareidolia. Fenomena di mana otak manusia mempersepsikan wajah, hewan atau bentuk lain yang tidak benar-benar ada.

Sejarah ilusi Mars dimulai tahun 1800-an, ketika para astronom melaporkan melihat kanal di Planet Merah dalam pandangan teleskop. Kemudian pada tahun 1976, sebuah foto dari NASA Viking 1 orbiter mengungkapkan formasi aneh di permukaan Mars yang dikenal sebagai “Face On Mars”. Kemudian pengamatan yang dilakukan oleh NASA dan pesawat ruang angkasa Eropa tidak menunjukkan wajah, hanya fitur batu besar, membuktikan bahwa wajah itu hanya tipuan bayangan dan cahaya.

Sejak Face on Mars, foto dari pengorbit Mars rovers telah menangkap bentuk menyerupai kadal, tikus dan bahkan donat jelly semua ini hanya ilusi atau formasi batuan aneh di Planet Merah.

Jika anda tertarik melihat kabar tentang UFO dan Alien dapat mengunjungi ini : Dailytorn

‘ ‘

Advertisements