Sebulan Lagi, Wahana India Akan Tiba Di Planet Mars

http:// .blogspot.com/
Wahana Mars milik India kini hanya berjarak 9 juta km dari Mars pada 22 Agustus 2014.

  Wahana pertama milik India yang menuju ke Mars kini hanya berjarak satu bulan dari Planet Merah dan akan melakukan pendekatan tahap akhir pada tanggal 24 September 2014.

Pada 22 Agustus 2014, Mars Orbiter Mission, atau MOM, hanya berjarak 9 juta kilometer jauhnya dari Mars.

MOM dirancang dan dikembangkan oleh Indian Space Research Organization (ISRO) dengan biaya $ 69 juta dan menandai negara India untuk terjun ke penerbangan antarplanet.

Sejauh ini MOM telah menempuh jarak total 602 juta km di busur heliosentris menuju Mars, kata ISRO. Saat ini MOM berjarak 189 juta km dari Bumi. Sinyal radio untuk berkomunikasi dengan MOM membutuhkan waktu 20 menit dan 47 detik.

Setelah melesat sekitar 10 bulan lebih,wahana MOM akan melakukan pendekatannya dengan Mars pada tanggal 24 September 2014 di mana ia akan mempelajari atmosfer dan mengendus sinyal metana. 

MOM diluncurkan pada 5 November 2013 dari pusat ruang angkasa India di Satish Dhawan Space Centre, Sriharikota. Wahana ini dibawa oleh roket empat tahap Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV).

MOM melesat ke Mars bersama dengan wahana pengorbit NASA MAVEN, yang akan tiba di Mars sekitar dua hari sebelumnya.

MOM dan Maven akan bergabung dengan 3 armada pengorbit Bumi yang saat ini berada di sana. Armada itu dari NASA dan ESA serta pasangan rover NASA di permukaan Curiosity dan Opportunity.

Jika semua berjalan lancar, India akan bergabung dengan klub elit yang hanya terdiri dari empat negara yang pernah meluncurkan probe yang berhasil menyelidiki Planet Merah dari orbit atau permukaan setelah Uni Soviet, Amerika Serikat dan Badan Antariksa Eropa (ESA).

Tujuan utama MOM adalah demonstrasi kemampuan teknologi dan juga akan mempelajari atmosfer planet dan permukaan.

ISRO juga bekerja untuk mengetahui apakah MOM dapat mengumpulkan pengukuran ilmiah saat Komet C / 2013 A1 Siding Spring terbang melintas sangat dekat dengan Planet Merah pada 19 Oktober 2014. Sementara Maven dan wahana Mars NASA lainnya akan mempelajari komet ini.

Jadi kapan Indonesia bisa mengirim wahana ke luar angkasa? Bisakah Indonesia mengirim wahana ke Bulan atau Mars atau planet lainnya? Kalau bisa kapan? Jangan-jangan proyek pengiriman wahana antariksa berjalan sebulan,tapi sudah berurusan sama KPK kaya hambalang, hahahahaha……

‘ ‘

Advertisements