5 Kandidat Situs Pendaratan Wahana Philae Di Permukaan Komet 67P

http:// .blogspot.com/
5 kandidat situs pendaratan di permukaan komet 67P

Wahana penyelidikan antariksa Eropa akan mendaratkan sebuah wahana pendarat di komet 67P pada bulan November, dan sekarang para ilmuwan telah mengidentifikasi lima situs di mana ia bisa mendarat.

Jika berhasil,wahana pendarat milik ESA yang disebut Philae akan menjadi wahana pertama yang mendarat di sebuah komet. Para pejabat European Space Agency mengidentifikasi tempat potensial pendaratan di komet setelah meninjau gambar rinci dari bentuk aneh 67P / CG setelah kedatangan Rosetta pada objek ini tanggal 6 Agustus. 

Komet 67P / CG dipenuhi dengan batu-batuan seukuran rumah, wajah terjal dan batuan bergerigi, membuat tugas memilih situs pendaratan agak rumit, menurut ESA. Komet ini juga terdiri dari tiga bagian yang berbeda: kepala,leher dan tubuh. Para ilmuwan awalnya memilih 10 lokasi pendaratan potensial untuk Philae, tetapi mempersempitnya menjadi lima calon akhir pekan lalu. 

Rosetta dan Philae dirancang untuk menyaksikan komet saat membuat jalan menuju pendekatan terdekatnya dengan matahari dalam waktu sekitar satu tahun. Saat komet terbang lebih dekat ke matahari, Rosetta akan melakukan pengamatan dari orbit, sementara Philae mengambil pengukuran dari permukaan komet untuk melihat bagaimana aktivitas Komet 67P / CG berubah.

Rosetta dan komet 67P saat ini berjarak sekitar 324 juta mil (522 juta km) dari matahari, tetapi dalam waktu sekitar satu tahun, komet dan wahana ini akan berjarak sekitar 115 juta mil (185 juta km) dari Matahari.


Dan berikut ini 5 situs pendarat potensial yang akan di pakai oleh ESA


1. Situs A

http:// .blogspot.com/

Situs ini terletak di tubuh” dari komet dan memberikan pandangan baik. Para pejabat ESA perlu menyelidiki apakah ada fitur permukaan yang berbahaya yang dapat merusak probe, kata para pejabat ESA.

2. Situs B

http:// .blogspot.com/

Situs B terletak di dalam struktur kawah pada lobus yang lebih kecil (kepala), kata para pejabat ESA.  Daerah ini datar dan tampaknya agak aman untuk pendaratan,namun diperlukan banyak data untuk mengetahui apakah kondisi pencahayaan bisa optimal saat pendataran.


3. Situs C

http:// .blogspot.com/

Situs ini terletak di tubuh komet yang memiliki banyak cahaya dan beberapa fitur menarik. Para ilmuwan masih perlu menilai apakah cekungan, tebing dan material cerah di wilayah tersebut dapat menimbulkan bahaya bagi Philae.

4. Situs I

http:// .blogspot.com/

Daerah ini datar dan terletak pada lobus kecil (kepala) yang berisi beberapa medan kasar dan material yang segar. Namun, sinar matahari berlimpah, dan itu bisa menjadi wilayah yang menarik untuk pendaratan.

5. Situs J

http:// .blogspot.com/

Situs J dan I adalah situs pendaratan serupa yang terletak pada kepala komet.  Beberapa batuan dan fitur lainnya bisa menimbulkan bahaya bagi pendarat, sehingga para ilmuwan membutuhkan lebih banyak gambar resolusi tinggi untuk mempelajari lebih lanjut tentang daerah ini.

Pejabat masih perlu mengumpulkan lebih banyak data sebelum daerah pendaratan akhir dipilih. Rosetta diluncurkan pada tahun 2004 dan tiba di komet ini setelah 10 tahun perjalanan,menempuh jarak sekitar 4 miliar mil (6 miliar km) perjalanan melintasi tata surya.

‘ ‘

Advertisements