Galaksi Ini Pancarkan Gelombang Elektromagnetik Super Kuat

alam-696x461

Akhir 2016 lalu, teleskop ruang angkasa Hubble menyajikan pemandangan spektakuler galaksi yang berisi megamaser yang berjarak 370 juta tahun cahaya dari bumi, ini adalah hadiah Hubble dalam menyambut tahun baru 2017.

Megamaser ini mengacu pada planet yang memancarkan sinyal microwave yang kuat. Microwave juga adalah sejenis gelombang cahaya, atau gelombang elektromagnetik, tetapi cahayanya tak terlihat dengan mata telanjang.

Galaksi yang diamati teleskop Hubble ini bernama IRAS 16399-0937, memancarkan sinyal microwave yang kuat dan berisi megamaser dengan intensitas microwave atau kecerahannya adalah 100 juta kali dari maser di galaksi Bima Sakti.

Laman situs Science Alert, Sabtu (31/12/2016) menyebutkan, galaksi IRAS 16399-0937 yang ditangkap teleskop luar angkasa Hubble bagaikan laser raksasa di alam semesta. Tentu saja, ini bukan laser biasa seperti yang kita pikirkan, tapi radiasi ekstrim kuat yang terbentuk dari microwave yang tak terlihat dengan mata telanjang. Nama planet masernya diambil dari gabungan laser dan microwave.

Sebenarnya, galaksi ini menjadi “super microwave” di alam semesta karena pancaran dari microwave energi super tinggi.

Laman NASA, Senn (19/12/2016) lalu menyebutkan, teleskop Hubble mengamati galaksi IRAS 16399-0937di bawah multi-spektral menggunakan Advanced Camera for Surveys (ACS) dan Near Infrared Camera and Multi-Object Spectrometer (NICMOS), mengabadikan segenap pemandangan yang terbentuk dari ditangkap berbagai gelombang cahaya.

NASA menjelaskan bahwa Near Infrared Camera dan Multi-Object Spectrometer memiliki sensitivitas dan resolusi gambar yang mumpuni, sehingga para astronom dapat mengamati secara rinci galaksi IRAS 16399-0937.

Para astronom menemukan inti galaksi ini “dual-core”, yaitu di ruang pusat galaksi terdapat dua wilayah yang sedang menyatu, jarak antar mereka adalah 11 ribu tahun cahaya, sehingga masing-masing diberi nama IRAS 16399-0937N dan IRAS 16399 -0937S. Kedua wilayah inti galaksi ini terpendam di dalam debu kosmik.