Apa Galaksi Terdekat dengan Bima Sakti?

Galaksi Bima Sakti tempat Bumi kita berada, merupakan galaksi yang tergabung dalam suatu group galaksi yang terdiri dari sekira 54 galaksi dan galaksi kerdil. Group tersebut juga merupakan bagian besar dari Virgo Supercluster. Banyak dari kita menganggap bahwa Andromeda merupakan galaksi terdekat dengan Bima Sakti. Namun sebenarnya, Andromeda merupakan galaksi “spiral” terdekat dengan Bumi namun bukan galaksi terdekat. Galaksi terdekat dengan Bima Sakti sebenarnya adalah galaksi kerdil Canis Major (Canis Major Dwarf Galaxy) alias Canis Major Overdensity.

Pada galaksi kerdil Canis Major, formasi bintang terletak 42 ribu tahun cahaya dari pusat galaksi dan 25 ribu tahun cahaya dari tata surya kita, lebih dekat dari jarak tata surya kita ke pusat galaksi Bima Sakti yang berjarak 30 ribu tahun cahaya. Berikut adalah gambar ilustrasinya:

canisgalaxy_2mass1-e1418078602301

Ilustrasi Bima Sakti dengan galaksi-galaksi terdekatnya.

Dipercaya galaksi kerdil Canis Major memiliki 1 triliun bintang di dalamnya, jumlah yang relatif besar untuk suatu galaksi yang sedang berada dalam fase Red Giant Branch. Bentuk galaksi ini elips dan relatif kasar karena memiliki begitu banyak bintang mirip seperti Sagittarius Dwarf Elliptical Galaxy, pesaing terdekat untuk galaksi terdekat dengan Bima Sakti.

Sebelum ditemukannya galaksi kerdil Canis Major, astronom menganggap bahwa galaksi Sagittarius Dwarf Elliptical Galaxy sebagai galaksi terdekat dengan Bima Sakti yakni sekira 70 ribu tahun cahaya. Untuk galaksi LMC (Large Magellanic Cloud) tampaknya terlalu jauh yakni 180 ribu tahun cahaya dari Bima Sakti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s