Baru Selesai Dirakit, Teleskop James Webb Alami Masalah Saat Tes Getaran

img_1410_7b_jwst_ken-kremer
Teleskop James Webb dirakit di dalam ruang Clean Room di Goddard Space Flight Center, Greenbelt, Maryland.

Teleskop baru buatan NASA, James Webb Telescope sudah selesai dirakit sekaligus menjadi teleskop paling canggih yang akan menjadi suksesor dari teleskop Hubble.

Teleskop dengan diameter 6,5 meter itu mampu melihat obyek tata surya hingga 13,5 miliar tahun cahaya sekaligus melihat proses pembentukan bintang dan galaksi di masa awal alam semesta. Rencananya teleskop ini akan diluncurkan tahun 2018 dengan menggunakan roket Ariane V ESA dari Guiana Space Center di Kourou, French Guiana.

Saat ini teleskop James Webb sedang menjalani serangkaian tes untuk menguji ketahanan teleskop tersebut menghadapi kondisi lingkungan yang keras saat peluncuran dengan melakukan tes vibrasi (tes getaran). Namun masalah muncul saat tes tersebut. Teknisi NASA menemukan anomali yang tidak diperkirakan sebelumnya. Teleskop mengalami masalah “pembacaan data” pada accelerometer. Tim kemudian melakukan tes getaran tingkat rendah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai anomali yang terjadi dan meneliti data accelerometer.

Secara visual tidak ditemukan kerusakan fisik pada teleskop, namun peneliti terus mencari tahu penyebab anomali accelerometer tersebut. Tes getaran akan terus dilakukan setidaknya sampai bulan Januari 2017 agar teleskop tersebut nantinya dapat diluncurkan tepat waktu.

Teleskop yang dibekali 18 plat raksasa berlapis emas ini merupakan proyek ambisious NASA bernilai 8,7 miliar dolar AS tersebut memiliki berat 6,2 ton dengan lebar 6,5 meter dan akan ditempatkan pada orbitnya sejauh 1,5 juta km dari Bumi. Jika tidak ada aral melintang, teleskop james Webb akan diluncurkan Oktober 2018.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s