NASA: Bahan Bangunan Paling Aman untuk “Rumah” Manusia di Mars Adalah Es

mars-ice-house_dusk-01-1200x764

Manusia sedang berencana untuk mengunjungi Mars, maka mereka perlu menemukan cara untuk bagaimana melindungi diri mereka dari bahaya yang ditimbulkan oleh efek radiasi luar angkasa karena tipisnya atmosfer Mars. Sepertinya ilmuwan NASA telah menemukan caranya yang mungkin akan sedikit mengejutkan kita.

Minggu ini Popular Science melaporkan bahwa peneliti dari US space agency’s Langley Research Center di Virginia sedang meneliti material bangunan apakah yang secara signifikan dapat melindungi manusia dari dahsyatnya radiasi di Mars yang berakibat buruk bagi kesehatan apalagi karena misi di Mars akan memakan waktu yang lama, keselamatan dan kesehatan menjadi hal yang sangat diutamakan. Jika tidak maka sel dan DNA mereka berpotensi mengalami risiko kanker dan penyakit dalam hidupnya. Dalam jangka pendek radiasi Mars bisa mengakibatkan mual, muntah, dan pendarahan.

Menurut para ilmuwan NASA, material aman yang dapat menjadi bahan “rumah” bagi manusia di Mars adalah es. Es di sini adalah air beku yang dipercaya atau tidak, lebih mampu memblok sinar radiasi karena secara susunan memiliki dua atom hidrogen. Menurut mereka hanya dibutuhkan es dengan ketebalan 5 centimeter untuk membuat manusia berada pada level aman dari radiasi Mars.

4-nasamightbui
Desain NASA Mars Ice Dome.
nasa-igloo-mars-600x343
Tampak luar.

Saat ini tim NASA dan ilmuwan bersama-sama mengembangkan desain inovatif untuk merancang apa yang disebut sebagai Mars Ice Dome (Kubah Es Mars). Dengan bantuan robot, semua material es dapat diangkut, disusun dan ditata sedemikian rupa dan mengisinya dengan air, sebelum manusia tiba di planet Merah itu. Semua material diambil dan diekstrak dari Mars sendiri termasuk airnya. Air juga dapat digunakan sebagai bahan bakar roket untuk transportasi sehingga juga bisa berfungsi sebagai bahan bakar cadangan untuk misi di masa depan.

Dome di Mars akan lebih mirip rumah daripada Gua, Oleh sebab itu akan membuat manusia lebih nyaman dalam menjalankan misinya.