Apa yang Terjadi Jika Kecepatan Rotasi Bumi Dua Kali Lebih Cepat ?

7203961392_488357f30a_b

Bumi, tempat kita hidup dan mati.

Kira-kira apa yang terjadi ya kalau kecepatan Bumi berputar pada porosnya (rotasi Bumi) dua kali lebih cepat dari kecepatannya sekarang?.

Saat ini kecepatan rotasi Bumi sekira 1675 km per jam yang berarti 465 meter per detik. Keliling Bumi di daerah ekuator sekira 40,075 km, dan untuk sekali berputar secara penuh, Bumi membutuhkan waktu sekira 23,93 jam.

Jika kecepatan rotasi Bumi dua kali dari kecepatannya sekarang, maka yang terjadi adalah semuanya hancur. Manusia, hewan dan tumbuhan akan mati, bahkan punah. Bagaimana itu bisa terjadi?

Pada kecepatannya sekarang saja, bentuk Bumi tidak bundar penuh akan tetapi sedikit elips di ekuatornya, jika kecepatannya meningkat dua kali lipat, maka energi kinetik di ekuator akan meningkat 4 kali lipat, cukup untuk melawan lebih dari 1 persen dari kekuatan gravitasi. Akhirnya yang akan terjadi air akan turun dari kutub dan membanjiri daerah ekuator Bumi. Akan terjadi tsunami raksasa seperti yang terjadi dalam film-film yang akan menghancurkan apa saja yang dilewatinya. Tsunami yang terjadi akan sangat jauh lebih dahsyat dari tsunami apapun yang pernah terjadi sebelumnya di Bumi. Air akan mematikan miliaran manusia.

megatsunami

Mega tsunami.

Selain hal di atas ada juga bahaya yang akan datang menerjang. Batu-batu raksasa dan magma di dalam Bumi akan terdorong dan tertekan meluncur ke ekuator. Hasilnya adalah gunung meletus di mana-mana dan gempa Bumi terjadi dengan sangat dahsyat. Kerak Bumi akan bergerak bebas dan retakan terjadi di seluruh bagian Bumi. Gempa Bumi akan membunuh miliaran orang, bahkan lebih.

1e411af0060cd20a3a96e7814643008a

Gunung meletus.

Gunung meletus di seluruh Bumi menyebabkan Bumi dipenuhi dengan debu dan aerosol sulfur. Suhu akan jatuh menurun, proses fotosintesis tumbuhan terhenti, dan peradaban akan punah.

Dampak yang terjadi akan sangat mengerikan dan tak terbayangkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s