Gambar Ini Berisi Ribuan Lubang Hitam

13951020000258_test_photoi

Citra x-ray dari ribuan lubang hitam (black hole) di konstelasi Fornax.

Jika kita melihat gambar di atas mungkin sekilas kita hanya menganggapnya seperti cahaya bintang di tengah gelapnya malam. Tapi sebenarnya gambar di atas jauh lebih menarik, mengapa?

Gambar di atas adalah citra X-Ray yang diambil oleh telekop Chandra yang merupakan citra dari lebih 1000 lubang hitam (black hole) di sebelah selatan konstelasi Fornax.

“Dengan citra menakjubkan ini, kita dapat mengetahui saat-saat pertama lubang hitam hitam di awal alam semesta dan melihat perubahaannya miliaran tahun kemudian”, kata pemimpin studi Niel Brandt, dari Pennsylvania State University.

Setiap warna dalam x-ray memiliki arti. Warna merah menunjukkan energi x-ray yang lemah, warna hijau menunjukkan energi medium/menengah, sedangkan warna biru menunjukkan energi x-ray yang tinggi. Ribuan lubang hitam ini berasal dari sekira 2000 galaksi dan mayoritas berjarak sekira 11,9-12,9 miliar tahun cahaya dari Bumi dan rata-rata lubang hitam itu memiliki massa 10 ribu sampai 100 ribu kali massa Matahari kita. Hal ini sekaligus misteri yang masih menjadi tanda-tanya, bagaimana lubang hitam dengan massa sebesar itu bisa terbentuk di masa muda alam semesta kita?.

Penelitian ini dipublikasikan dalam American Astronomical Society.

Advertisements

One response to “Gambar Ini Berisi Ribuan Lubang Hitam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s