Pluto Kehilangan Atmosfer 500 Ton Setiap Jamnya

pluto1

Atmosfer Pluto (kiri).

Hubungan Pluto dengan bulannya, Charon, nampaknya lebih dari sekedar hubungan planet dengan bulan. Lha kok bisa begitu?

Perlu diketahui bahwa ukuran Charon yang setengah dari ukuran diameter Pluto yakni sekira 1.212 km dan mengorbit hanya 19.312 km ternyata sangat berarti dan memberikan keuntungan buat Pluto.

Studi baru dari Georgia Institute of Technology mengungkapkan bahwa saat posisi Charon berada di depan Pluto (di tengah antara Matahari dan Pluto), Charon mampu menghambat aliran angin Matahari berhembus langsung ke atmosfer Pluto, dengan menjadi perisai sehingga mampu mengurangi kerusakan dan kehilangan atmosfer planet kerdil tersebut. Atmosfer Pluto terdiri 90 persen nitrogen, dan 10 persen molekul lainnya seperti metana dan sebagainya.

Walaupun berada jauh dari Matahari, Pluto mengalami kerusakan atmosfer yang relatif parah. Karena gravitasinya yang lemah, angin Matahari membuat molekul nitrogen terionisasi dan lepas dari atmosfer. Menurut Fran Bagenal, investigator New Horizons, Pluto kehilangan 500 ton atmosfer dalam 1 jam. Sebagai gambaran bahwa Mars kehilangan atmosfer 1 ton setiap jamnya.

Mengapa atmosfer Pluto belum hilang, padahal hal itu sudah berlangsung sangat lama?

Kemungkinan geiser dan gunung es yang ada di permukaan Pluto mampu menggantikan/mengisi ulang komposisi atmosfer Pluto (nitrogen) yang hilang dengan cepat, namun prosesnya seperti apa masih belum diketahui dengan pasti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s