Galaksi Bima Sakti Adalah Pencuri

236085main_milkyway-full-e1436126762366-580x505

Ilustrasi galaksi Bima Sakti.

Galaksi Bima Sakti berumur sekira 13,2 miliar tahun, dan memiliki diameter sekira 100-180 ribu tahun cahaya. Menurut penelitian terakhir, didapatkan hasil bahwa jumlah bintang di galaksi Bima Sakti sekira 100-400 miliar bintang. Bahkan ada beberapa peneliti yang mengatakan bahwa jumlah bintang di Bima Sakti bisa mencapai 1 triliun. Mengapa bisa begitu banyak? Selain hasil dari membuat sendiri dan penggabungan dengan galaksi lain di masa lampau, ternyata ada sumber lain tak terduga, apa itu?.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Marion Dierickx, dari Universitas Harvard ditemukan hal mengejutkan. Ternyata bintang-bintang di Bima Sakti khususnya di daerah tepi merupakan bintang hasil curian dari galaksi lain.

Penelitian yang dilakukan oleh Professor Avi Loeb dan Frank B. Baird Jr juga dari Universitas Harvard, Bima Sakti di kelilingi oleh beberapa galaksi kerdil seperti galaksi Canis Major dan Sagittarius. Saat galaksi ini melintas dekat Bima Sakti ia akan terkena efek tidal/pasang surut karena berinteraksi dengan gravitasi Bima Sakti. Dengan menggunakan simulasi komputer, peneliti mensimulasikan pergerakan galaksi kerdil Sagittarius 8 miliar tahun lalu. Simulasi ini menghasilkan data bahwa bintang di galaksi kerdil Sagittarius tertarik ke pusat galaksi Bima Sakti dan membentuk semacam “aliran”.

sgrmodel_hires-580x435

Efek tidak yang ditimbulkan oleh galaksi Bima Sakti pada galaksi kerdil di sekitarnya.

Akibatnya galaksi kerdil Sagittarius terkoyak dan bintang di dalamnya terlempar keluar dari galaksinya hingga berjarak 1 juta tahun cahaya dari pusat galaksi kerdil Sagittarius dan terperangkap di halo tepi Bima Sakti. Bintang itu menjadi anggota Bima Sakti. Itu sekaligus menjawab mengapa ada bintang yang letaknya sangat jauh dari pusat Bima Sakti hingga 300 ribu tahun cahaya.

Yang kuat melahap yang lemah dan itu juga terjadi di alam semesta kita yang “keras” ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s