Tahukah Kamu: Berapa Kecepatan Download Data dari Wahana New Horizons ke Komputer NASA di Bumi?

newhorizons-pluto-e1435537994694

Ilustrasi New Horizons mengorbit Pluto.

Saat ini wahana New Horizons berjarak sekira 3.1 miliar km dari Bumi. Saat New Horizons melakukan pendekatan dengan Pluto, wahana itu mengambil ribuan foto planet itu dan juga mengambil foto Charon (satelit terbesarnya). Selain itu beberapa tahun sebelumnya New Horizons juga mengambil foto Jupiter dan Saturnus. Selain foto juga ada data non-foto lainnya yang dikumpulkan oleh berbagai macam instrumen yang terpasang di wahana tersebut yang juga ikut didownload.

Ribuan foto dan data itu jika ditotal ukurannya bisa mencapai puluhan giga karena kualitasnya HD (High Definition). Untuk mendownload data sebanyak itu ke Bumi bukanlah hal mudah, tidak seperti kita mendownload dari internet. Jika kita bisa mendownload dengan kecepatan rata-rata ratusan kilobit (kbps) sampai ber-megabit (Mbps), kecepatan download New Horizons ke komputer NASA di Bumi hanya berkisar 1-4 kilobit (Kbps) per detik. Pada Februari 2007, lebih dari satu tahun setelah diluncurkan, kecepatan download masih berkisar 38 (Kbps) kilobit per detik.

Oleh karena itu untuk mendownload berpuluh-puluh giga data yang ada di New Horizons, NASA membutuhkan waktu lebih dari setahun. Wow luar biasa bukan :-). Walaupun sinyal radio bergerak dengan kecepatan cahaya, namun untuk menempuh jarak lebih dari 3,1 miliar km tadi dibutuhkan waktu lebih dari 4,5 jam sampai sinyal itu sampai ke Bumi, itu yang menyebabkan proses download menjadi sangat lama. Sinyal itu akan di terima oleh antena DSN (Deep Space Network) NASA yang terletak di beberapa negara salah satunya Australia. Setelah didownload, data foto itu kemudian dianalisa dengan komputer oleh ilmuwan NASA.

dsn-all-sm

Beberapa antena DSN NASA yang terletak di berbagai negara.

Antena DSN itu selain digunakan untuk wahana New Horizons, juga digunakan untuk mendownload data wahana Voyager 1 dan 2, serta wahana NASA lainnya.

Advertisements

2 responses to “Tahukah Kamu: Berapa Kecepatan Download Data dari Wahana New Horizons ke Komputer NASA di Bumi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s