Tahukah Kamu: Benarkah Gunung Everest Itu Puncak Tertinggi di Bumi ?

everest-575683
Gunung Everest di Tibet.

Selama ini banyak yang menganggap gunung Everest sebagai gunung atau puncak tertinggi di Bumi, benarkah anggapan itu?

Gunung Everest memiliki ketinggian sekira 8.848 meter di atas permukaan laut (mdpl). Apa sebenarnya arti meter di atas permukaan laut (mdpl) itu? Menurut Wikipedia, mdpl adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan ketinggian suatu tempat dari permukaan laut, dinyatakan dalam meter. Nah sekarang kembali ke pertanyaan, benarkah gunung Everest adalah puncak tertinggi di Bumi?

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Bumi tidaklah bulat sempurna, tapi sedikit elips. Hal itu menyebabkan jarak di berbagai permukaan Bumi dengan pusat Bumi berbeda-beda. Apakah puncak tertinggi akan sekaligus menjadi tempat terjauh dari pusat Bumi?.

Gunung Everest memang menjadi puncak tertinggi di Bumi jika kita menghitungnya dari atas permukaan laut (mdpl). Tapi jika kita menghitungnya dari pusat Bumi, maka yang paling tinggi (yang paling jauh) jaraknya dari pusat Bumi adalah gunung Chimborazo di Ekuador suatu negara yang sangat dekat dengan khatuistiwa. Jarak pusat Bumi dengan puncak Chimborazo sekira 6,384.4 km, sedangkan jarak pusat Bumi dengan puncak Everest sekira 6,382.3 km. Gunung Chimborazo memiliki ketinggian sekira 6.263 meter di atas permukaan laut, selisih 2585 meter dengan gunung Everest. Untuk mempermudah memahaminya berikut ini gambarannya:

perbandingan

hqdefault

chimborazo-1460058462206

800px-volcc3a1n_chimborazo2c_22el_taita_chimborazo22
Gunung Chimborazo di Ekuador.

Jadi kesimpulannya adalah gunung Everest menjadi puncak tertinggi di Bumi jika dihitung dari atas permukaan laut (mdpl), jika dihitung dari pusat Bumi, maka yang paling tinggi (jauh) adalah gunung Chimborazo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s