Tahukah Kamu: Bisakah Lubang Hitam Itu Mati? Kalau Bisa Kapan Itu Terjadi?

1-13743-c0141244-black_hole_artwork-spl-1
Ilustrasi lubang hitam (black hole).

Lubang hitam merupakan salah satu obyek di alam semesta yang sangat stabil kalau tidak mau disebut sebagai obyek abadi. Mengapa demikian?

Setiap lubang hitam memiliki suhu tertentu dan memancarkan radiasi termal. Semakin bertambah besar massa lubang hitam, maka suhunya semakin dingin. Suhu pada lubang hitam sebesar Bulan sekira -270,45 derajat Celcius. Lubang hitam dengan suhu seperti itu mendapat energi dari cosmic microwave background (CMB) dengan suhu yang juga berkisar -270,45 derajat Celcius, suhu yang sangat-sangat dingin dan masih jauh dari nol. Memang apa yang terjadi kalau suhu lubang hitam mendekati nol?

Jika suhu lubang hitam hampir mendekati nol, maka lubang hitam itu akan menguap dan mati, tapi semudah itu kah lubang hitam menguap dan mati? Tidak.

Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa lubang hitam ini obyek alam semesta yang sangat stabil. Umur lubang hitam mungkin akan lebih panjang dari umur alam semesta ini nantinya. Jika alam semesta kita ini terbentuk sekira 13,8 miliar tahun lalu, maka sebuah lubang hitam seukuran Matahari membutuhkan waktu sekira 2×1066 tahun untuk menguap, padahal umur alam semesta adalah sekira 13,8 miliar tahun yang berarti itu sekira 1057 kali bakal lebih lama dari umur alam semesta.

Lubang hitam akan menjadi satu-satu nya obyek yang akan bertahan hingga matinya alam semesta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s