Tahukah Kamu: Berapa Gaji Astronot NASA?

400px-nasa_astronaut_class_of_1996

Pekerjaan sebagai astronot hanya bisa dilakukan oleh orang-orang pilihan yang pastinya harus memiliki kemampuan otak dan fisik yang benar-benar mumpuni untuk bisa tetap hidup dan tinggal di suatu tempat pada ketinggian ratusan kilometer di atas permukaan Bumi. Seleksi untuk menjadi astronot NASA juga sangat ketat. Tentu NASA tidak ingin wahana antariksa senilai triliunan dolar diisi oleh orang-orang yang tidak kompeten dibidangnya. Bisa bencana besar bagi NASA jika terjadi apa-apa.

Melihat begitu sulit dan ketatnya tes menjadi astronot NASA, mungkin kita semua merasa penasaran kira-kira berapa besar gaji astronot NASA ya?

Menurut website resmi NASA, besaran gaji astronot NASA diberikan berdasarkan beberapa level atau tingkatan yakni tingkat GS-11 sampai GS-14. Setiap tingkat diukur berdasarkan capaian akademik dan pengalaman dari astronot tersebut. Astronot yang berada pada level GS-11, total gaji dalam setahun adalah $ 66.026 yang berarti sekira $ 5502,166 per bulan atau dengan kurs Rupiah saat ini pada 31 Januari 2016 mencapai Rp 13.333 (sumber: Google) Rupiah per dolarnya, maka gaji yang diterima astronot NASA pada level GS-11 per bulannya sekira Rp 73,4 juta.

Pada level GS-14, gaji yang diterima astronot NASA per tahunnya adalah $ 144,566 atau yang berarti dalam satu bulan penghasilannya sekira $ 12047.166 atau jika dirupiahkan mencapai Rp 160,6 juta.

Jika astronot merupakan anggota militer maka gaji sebagai anggota militer tetap dibayar berikut dengan tunjangan, dan sebagainya.

Semoga rasa penasaran Anda terpuaskan 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s