Tahukah Kamu: Bisakah Bulan Punya Bulan?

moon_1stqtr_mar14_2008

Planet punya Bulan atau satelit alam itu sudah biasa. Tapi bagaimana jika Bulan punya Bulan? Mungkinkah?

Bumi dengan Bulan yang dimilikinya bergerak dalam gerakan yang harmonis mengorbit Matahari. Kesemuanya itu berhubungan dengan jarak. Jika jarak satu dengan lainnya begitu dekat, maka gravitasi yang besar akan melumat yang kecil.

Jarak Bumi dengan Bulan yang relatif jauh, memungkinkan Bulan mengorbit Bumi dengan stabil. Jarak Bumi dengan Bulan sekira 384.472 km dan semakin bertambah jauh. Lalu apakah mungkin Bulan bisa punya Bulan?

Sulit kalau tidak mau dibilang tidak bisa untuk Bulan memiliki Bulan. Bulan bisa menjadi satelit alam Bumi karena keduanya berada dalam jarak aman dari Matahari dan Bulan pun berada pada jarak aman dengan Bumi. Jika ada Planet A dengan Bulan B, dan Bulan B punya satelit alam yakni Bulan C, apa yang terjadi?.

Bulan C tadi akan dipengaruhi oleh gravitasi Planet A dan Bulan B. Maka yang terjadi pada Bulan C adalah perlambatan kecepatan orbit terhadap Bulan B. Jika itu terjadi, maka di sisi jauh Bulan B ketinggian orbit Bulan C akan menurun dan orbit mulai berbentuk elips karena orbit Bulan C mulai terpengaruh gravitasi Planet A. Semakin lama Bulan C tadi semakin terpengaruh dengan gravitasi Planet A dan akhirnya Bulan C terjebak di orbit Planet A. Akhirnya Bulan C tadi akan menjadi Bulan dari Planet A. Berikut ini ilustrasinya:

bulan-punya-bulan

Jadi sepertinya sulit untuk Bulan bisa punya Bulan, tapi juga tidak menutup kemungkinan itu bisa terjadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s