Tahukah Kamu: Seperti Apa Pagi dan Siang Hari di Pluto?

pluto1
Terlihat haze atmosfer Pluto yang menghamburkan sinar Matahari (kiri).

Jika kita mendengar kata Pluto, maka yang terbayang di pikiran kita adalah obyek tata surya yang pada tahun 2006 diturunkan kelasnya dari Planet menjadi Planet kerdil yang posisi orbitnya setelah Neptunus tepatnya di sekitar sabuk Kuiper.

Selain itu jika kita mendengar kata Pluto, maka yang ada dipikiran kita adalah suatu planet kerdil yang letaknya sangat jauh dari Matahari sehingga permukaannya terdiri dari lapisan es yang sangat tebal dan suhunya super dingin. Pluto memang begitu adanya.

Kira-kira jika kita ada di Pluto, pagi dan siang hari akan seperti apa ya? Apa kita akan melihat Matahari terbit seindah di Bumi, atau jika tidak maka akan seperti apa?

Pagi hari saat Matahari terbit di Pluto akan terlihat mirip maghrib di Bumi, bahkan bisa lebih gelap lagi, siang juga tidak jauh berbeda, sama gelapnya. Hal itu dikarenakan letak Pluto yang sangat jauh dari Matahari yakni sekira 5,906,376,272 km. Dengan jarak seperti itu, maka suhu rata-rata dipermukaannya sekira -229 derajat Celcius dan bisa turun lagi sekira -240 derajat Celcius dan dengan suhu seperti itu, manusia pasti akan mati.

Dari Pluto, Matahari akan terlihat sangat redup, hanya akan terlihat sedikit terang di horizon karena atmosfernya yang tipis. Diperkirakan sinar Matahari yang diterima Pluto 1000 kali lebih redup daripada yang diterima Bumi. Sinar Matahari hampir menyerupai sinar bintang-bintang lain walaupun cahanya masih lebih terang.

20150616
Seperti inilah pagi dan siang hari di Pluto.

Karena lintasan orbit Pluto yang sangat elips, maka saat berada pada jarak terdekatnya dengan Matahari (perihelion), Pluto akan berjarak sekira 4,4 miliar km dari Matahari, dan saat itu, sinar Matahari yang diterima Pluto juga akan lebih terang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s