Tahukah Kamu: Inilah Perbedaan Nyala Api Pada Gravitasi Normal dengan Gravitasi Mikro

api-1

Pada gambar di atas kita melihat dua nyala api yang berbeda. Di sebelah kiri yakni nyala api dengan gravitasi normal seperti di Bumi. Sedangkan di sebelah kanan adalah nyala api dalam keadaan gravitasi mikro atau juga bisa dibilang hampir tanpa gravitasi seperti di luar angkasa. Keduanya tampak berbeda, tampak nyala api di Bumi menyala tegak, sedangkan pada kondisi gravitasi mikro, nyala api akan membentuk bulatan, mengapa bisa begitu?

Seperti jika kita memasukkan gabus ke dalam air. Karena kepadatan air lebih tinggi dari kepadatan gabus, maka gabus itu akan naik dan terapung di permukaan. Hal yang sama juga terjadi pada nyala api.

Saat api menyala, bahan bakar berinteraksi dengan oksigen melepaskan panas, karbon dioksida, uap air, dan sebagainya. Energi panas yang dihasilkan pada proses tersebut juga ikut menghangatkan atau memanaskan udara di sekitarnya dan membuatnya gas atau udara tadi berkurang kepadatannya. Akhirnya udara panas tadi akan menjadi lebih ringan dan akan mengarah naik, sedangkan udara yang berada di area lain yang tidak terjangkau panas tetap berat karena kepadatannya tinggi akan menggantikan udara panas yang naik tadi. Akibat proses pergantian udara dingin dan panas tadi akan membuat api menyala tegak. Terkadang jika aliran pergantian udara ini terlalu cepat, api akan terlihat berkedipan. Ilustrasinya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

api-2

Namun dalam keadaan gravitasi mikro tidak ada hal yang akan menyebabkan udara dingin dengan kepadatan tinggi untuk menggantikan udara panas berkepadatan rendah tadi karena berat tidak berpengaruh pada keadaan gravitasi mikro dan api akan menyala bulat seperti pada gambar.

api-3

Lebih jelasnya bisa dilihat video berikut ini:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s