Tahukah Kamu: Berapa Ketebalan Cincin Saturnus?

edu_ring_a-round_the_saturn

Planet Saturnus dan cincinnya.

Saturnus merupakan salah satu planet dari beberapa planet di tata surya yang memiliki cincin. Namun diantara beberapa cincin planet, cincin Saturnuslah yang paling terlihat jelas. Cincin Saturnus terdiri dari miliaran partikel yang ukurannya mulai beberapa inci hingga 10 meter sampai 100 meteran. Partikel-partikel yang ada di cincin ini terdiri dari pecahan komet, asteroid atau pecahan Bulan Saturnus dan juga es.

Yang menakjubkan adalah cincin Saturnus sangat terlihat mencolok jika dilihat dengan teleskop dari Bumi. Tapi tahukah Anda bahwa ketebalan cincin Saturnus ini tidak lebih dari 1 km saja yang jika dilihat dari samping tidak begitu terlihat seperti pada foto yang diambil wahana Cassini ini.

cassini_saturn_edgeon-crop-original-original

Cincin Saturnus dilihat dari samping. Sangat tipis seperti rambut :). Image credit: NASA

Mengapa begitu tipis?

Menurut teori, setiap obyek yang mengorbit Planet, maka akan berada di tengah-tengah perpotongan titik pusat massanya, maka semua partikel yang ada akan berada pada tengah pertemuan titik massa itu dan tersebar maka tidak ada cara lain bagi partikel yang ada di cincin untuk bertumpuk, itulah sebabnya mengapa cincin Saturnus  ini sangat tipis.

Karena jumlah partikel yang banyak (miliaran), maka walaupun tipis, cincin itu terlihat sangat padat. Selain kepadatannya, cincin Saturnus terlihat jelas karena partikel es yang ada memantulkan sinar Matahari. Dalam hal ini partikel es tadi berfungsi sebagai prisma yang merefleksikan sinar Matahari.

Sources:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s