Benarkah Jupiter Itu Pelindung Bumi?

jupiter_and_its_shrunken_great_red_spot

Planet Jupiter.

Jupiter, planet dengan gravitasi paling powerful di antara planet-planet di tata surya menurut beberapa pihak dianggap sebagai Planet yang secara tidak langsung membuat Bumi menjadi tempat yang bisa mendukung kehidupan dan bisa ditinggali. Tanpa Jupiter, Bumi dipercaya sudah lama hancur. Benarkah demikian?

Dengan gravitasi yang sangat kuat, Jupiter memang terbukti menjadi penyelamat Bumi dari kehancuran. Jupiter melindungi Bumi dari hantaman obyek angkasa seperti komet dan meteorit berukuran jumbo. Untuk komet dengan periode orbit panjang yang datang dari luar tata surya, Jupiter akan memposisikan dirinya seperti vacum cleaner yang akan menangkap objek komet bahkan asteroid raksasa untuk dikunyah dengan atmosfer dan gravitasinya sebelum mengarah ke Bumi. Tanpa Jupiter, Bumi sudah lama dihantam komet dan asteroid raksasa itu.

Pada tahun 1994 komet Shoemaker-Levy 9 menghantam Jupiter dan menyisakan debris yang tersebar di awan Jupiter hingga menyisakan tampak seperti noda-noda hitam saja. Tahun 2009, astronom amatir juga mendapati komet besar juga menghantam Jupiter, hasilnya komet tersebut hancur lebur dan hanya tampak bercak-bercak hitam di awan Jupiter.

jupiter-impacts-shoemaker-levy-9-1994-e1370374399960

Noda hitam di awan Jupiter sebagai akibat dari hancurnya komet Shoemaker-Levy 9 pada tahun 1994.

jupiter-scar-impact-2009-hubble

Noda akibat tabrakan komet di Jupiter yang diabadikan oleh astronom amatir.

Jupiter juga diketahui melindungi Bumi dari obyek-obyek yang berasal dari awan Oort yang terletak sekira 2 tahun cahaya dari Matahari.

Tapi selain melindungi, terkadang Jupiter justru berlaku sebaliknya, yakni bisa juga menghancurkan Bumi dengan merubah/mengarahkan orbit komet yang asalnya tidak mengarah ke Bumi, saat melintas di dekat Jupiter gagal untuk ditangkap olehnya, maka gravitasi Jupiter justru melemparkan dan menggeser orbit komet tadi mengarah ke Bumi. Hal itu pernah terjadi yakni pada tahun 1770 saat komet Lexell melintas hanya pada jarak kurang dari 1,6 juta km dari Bumi. Komet itu berasal dari luar tata surya dan saat melintas dekat Jupiter, arah orbit komet menjadi melenceng dan justru mengarah ke Bumi. Setelah tahun 1770, komet itu melintas lagi dekat Jupiter namun kali ini gravitasi Jupiter melemparkan komet itu ke luar tata surya.

Peranan Jupiter tidak begitu terasa untuk obyek yang berada di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. Padahal asteroid merupakan ancaman terbesar bagi Bumi. Dipercaya  kepunahan Dinosaurus 65 juta tahun yang lalu akibat Bumi dihantam asteroid yang berasal dari sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Jupiter pelindung Bumi, bisa iya dan bisa tidak…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s