Tahukah Kamu: Ini Dia Planet Paling Gelap di Alam Semesta

Alam semesta tak henti-hentinya memberikan kejutan kepada kita, umat manusia. Ada sebuah planet nan jauh di sana yang berjarak sekira 750 tahun cahaya dari tata surya kita yang secara mengejutkan hanya memantulkan sekira 1% dari cahaya Bintangnya (GSC 03549-02811), padahal Planet ini terletak sangat dekat dengan Bintangnya, yakni hanya sekira 4,8 juta km saja, lebih dekat dibandingkan jarak Matahari-Merkurius. Planet tersebut adalah TrES-2b yang juga dikenal dengan sebutan Kepler-1b.

18kz7sga8hdqsjpg

Ilustrasi Planet TrES-2b (Kepler-1b). Image credit: Wikipedia

Planet ini merupakan Planet gas yang memiliki suhu sekira 1800 derajat Celcius, suhu yang pantas untuk suatu planet gas yang terletak sangat dengan dengan Bintangnya.

Planet Tergelap

Walaupun Planet ini sangat dekat letaknya dengan Bintangnya, tidak lantas membuat Planet ini memiliki tingkat kecerahan tinggi. Planet ini hampir gelap total, hanya memantulkan setidaknya 1% dari total cahaya yang diterima dari Bintangnya. Planet ini seperti bola gas hitam yang hitamnya lebih hitam dari batu bara dan arang dengan hanya sedikit pantulan cahaya. Belum diketahui secara pasti mengapa Planet ini begitu gelap, namun dugaan ilmuwan adalah adanya komponen kimia di atmosfer Planet itu yang menyerap cahaya seperti uap sodium, potasium atau gas titanium oksida. Planet ini ibarat Jupiter tapi versi gelapnya. Selain itu diduga gelapnya Planet itu akibat jaraknya yang terlalu dekat dengan Bintangnya, sehingga tidak memungkinkan untuk hadirnya awan yang bersifat reflektor/pemantul cahaya seperti yang dimiliki Jupiter. Hal itu membuat planet ini menjadi Planet tergelap di alam semesta yang diketahui manusia saat ini

Planet TrES-2b ditemukan pada tahun 21 Agustus 2006 oleh Trans-Atlantic Exoplanet Survey (TrES) dengan menggunakan teknik transit Planet, yakni suatu teknik mendeteksi keberadaan Planet dengan mengamati sebuah Bintang, kemudian jika ada obyek gelap yang menutupi cahaya Bintang itu, ilmuwan akan mengetahui keberadaannya.

Eksplorasi manusia terhadap alam semesta masih terus berlanjut sampai kapan pun, bukan tidak mungkin kedepannya akan ditemukan Planet lain yang lebih gelap dari TrES-2b.