Ahli Geologi Temukan Benua Baru, Zealandia

sevencontinents-color

Benua dan samudera yang ada di dunia. Image credit: whatarethe7continents.

Ilmuwan baru-baru ini menemukan suatu penemuan yang sangat mengejutkan sekaligus mengagetkan, Apa itu? Benua baru, ya suatu benua baru-baru ini berhasil ditemukan oleh ilmuwan setelah tersembunyi selama jutaan tahun di bawah air. Ilmuwan menamakan benua baru itu sebagai Zealandia.

gsatg321a-1-f03

Posisi benua Zealandia (kiri atas). Image credit: geosociety.

gsatg321a-1-f02

Benua Zealandia. Image credit: geosociety.

Benua baru itu terletak di barat daya samudera pasifik. Benua baru itu diperkirakan memiliki luas lebih besar dari negara India yakni mencapai 5 juta km persegi. Sebanyak 94% dari benua itu terletak di bawah air dan sisanya yang saat ini berada di atas permukaan adalah sekarang yang menjadi negara New Zealand (Selandia Baru) dan New Caledonia (Caledonia Baru).

1050787029

Selandia Baru dan Macedonia Baru terletak di atas benua Zealandia.

Sebenarnya pada abad ke 19 dan 20, ilmuwan telah mengumpulkan data yang mengindikasikan bahwa negara Selandia Baru terletak di atas sebuah fragment atau bagian besar dari kerak Bumi. Namun dari sekian banyak ilmuwan, hanya tim ilmuwan yang dpimpin oleh Nick Mortimer dari GNS Science (New Zealand Crown Research Institute) yang menindaklanjuti dan menganalisa hasil dari studi-studi tersebut kemudian mengambil kesimpulan bahwa benua Zealandia benar-benar ada.

Dengan menggunakan data satelit dan data-data gravimetry (data ukuran kekuatan gaya gravitasi), mereka menyimpulkan bahwa Zealanda bukanlah kerak samudera maupun batuan vulkanik, akan tetapi suatu kerak benua. Ukuran Zealandia sekira 5% dari benua super Gondwana yang kini terpecah menjadi Antartika, Amerika Selatan, Afrika, Madagaskar, dan Australia beratus juta tahun lalu. Ilmuwan sendiri memperkirakan Zealanda juga bagian dari Gondwana dan mulai memisahkan diri sekira 100 juta tahun lalu. Proses pemisahan diri ini mengakibatkan terjadinya deformasi sehingga sebagian besar dari benua tersebut tenggelam di bawah air.

Titik/puncak tertinggi benua Zealandia adalah gunung Aoraki-Mount Cook dengan ketinggian mencapai 3724 meter di atas permukaan laut. Sedangkan 94% daerah yang terletak di bawah laut kedalamannya bervariasi, kebanyakan < 1000 meter di bawah permukaan laut, dan yang terdalam bisa sampai 2500-3000 meter di bawah permukaan laut.

Saat ini ahli geologis sedang mengusulkan Zealandia dapat secara resmi diakui sebagai benua seperti tujuh benua yang lain. Selama ini jumlah benua yang diketahui dan diakui oleh dunia ada tujuh yakni Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa dan Australia. Dengan adanya tambahan benua baru ini berarti jumlah keseluruhan akan menjadi delapan. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang benua Zealandia ini, bisa dibaca di sini.