Hampir 14 Tahun di Mars, Robot Opportunity Telah Tempuh Jarak 44 KM

art20670020marsrover
Rover Opportunity.

Robot penjelajah Mars Opportunity tanpa terasa hampir menginjak tahun ke 14 berada di Mars sejak diluncurkan pada 7 Juli 2003 dan mendarat di planet itu pada 25 Januari 2004. Selama 13 tahun berjalan, Opportunity telah menempuh jarak sekira 44 KM. data tersebut di dapat dari odometri yang terdapat di robot tersebut. Saat ini Opportunity berada di pinggiran kawah Endeavour Mars dan bersiap untuk menuju ke lokasi lainnya yakni sebuah fitur menyerupai parit yang berjarak kurang lebih 1 KM dari tempat Opportunity berada saat ini. Kecepatan maksimal robot/rover ini yakni 5 cm per detik.

Selama perjalanan, Opportunity akan terus melakukan pemotretan fitur-fitur menarik di sepanjang jalan yang ia lewati dengan menggunakan kamera Pancam (Panoramic camera) dan Navcam (Navigation camera) yang tersemat padanya.

Hampir 14 tahun tapi masih berfungsi dengan cukup baik, ini membuktikan betapa handalnya teknologi NASA. Opportunity ditenagai oleh panel surya yang menghasilkan energi listrik, kemudian energi listrik itu disimpan ke dalam baterai. Berbeda dengan robot Curiosity yang saat ini juga berada di Mars yang ditenagai oleh RTG bertenaga nuklir.

112o1
Posisi beberapa robot NASA di Mars. 

Karena hanya menggunakan panel surya sebagai sumber penghasil tenaga listrik, maka wilayah operasional Opportunity hanya dibagian ekuator atau khatulistiwa Mars, karena di wilayah itulah cahaya Matahari bisa didapatkan dengan maksimal. Karena sudah beroperasi sangat lama, maka kemampuan panel surya untuk memproduksi energi listrik juga sudah mulai berkurang. Belum lagi dengan debu tebal yang menutupi panel surya tersebut semakin membuat energi listrik yang dihasilkan semakin kecil. Diperkirakan saat ini panel surya rover Opportunity mampu menghasilkan listrik 414 watt dalam 1 jam.

Hanya alamlah yang bisa membersihkan panel surya Opportunity karena robot tersebut tidak dibekali dengan alat pembersih panel surya. Itu terbukti dengan bersihnya panel surya Oportunity dari debu walaupun tidak seluruhnya yang dilakukan oleh hembusan angin yang cukup kencang di Mars. Di satu sisi memang hembusan angin itu bisa membersihkan panel surya tapi disisi lain juga bisa membawa debu untuk hinggap di atasnya. Jadi ya ada efek baik dan buruknya juga.

converted PNM file
Pada sebelah kiri yakni penampakan panel surya rover Opportunity yang tertutup debu, sedangkan di sebelah kanan panel surya tersebut tampak relatif bersih karena debu beterbangan setelah ditiup angin kencang. Foto diambil pada 2014. Image credit: NASA.
article-2170196-13f7b7b8000005dc-187_964x950
Penampakan dari dekat panel surya rover Opportunity. Image credit: NASA.

Pada 7 Februari 2017, rover Opportunity telah berada di Mars selama 4636 sol (1 sol= 1 hari di planet lain selain Bumi).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s