Tahukah Kamu: Di Mars Kita Akan Seperti Orang Tuli

nasa-hubble-mars-2003
Planet Mars. Image credit: NASA

Di Bumi kita bisa berkomunikasi tanpa menggunakan alat bantu dengar karena suara lawan bicara bisa kita dengar dengan cukup jelas. Nah, bagaimana dengan di Mars?

Kecepatan rambat suara di udara dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya komposisi gas yang ada di sekitar kita, tekanan atmosfer, dan sebagainya. Mayoritas komposisi atmosfer Mars terdiri dari karbon dioksida yakni sekira 96% dan kepadatannya hanya ~0.020 kg/m³. Kepadatan atmosfer Mars sangat kecil jika dibandingkan dengan kepadatan atmosfer Bumi yang mencapai 1.2 kg/m³. Hal yang berbeda juga terletak pada tekanan atmosfernya. Tekanan atmosfer Mars hanya sekira 0,6% dari tekanan atmosfer Bumi. Hal itu menyebabkan suara akan cepat hilang sebelum sempat kita dengar, kecuali jika kita berbicara pada jarak yang sangat dekat dan juga bergantung pada seberapa nyaring sumber suaranya.

Selain komposisi, kepadatan dan tekanan atmosfer, hal lain yang mempengaruhi sulit tidaknya suara untuk bisa kita dengar adalah suhu udara. Semakin rendah suhu udara, maka kecepatan rambat suara akan semakin berkurang. Suhu udara di Mars pada siang hari di daerah ekuator sekira 20° Celcius. Sepertinya tidak terlalu berbeda dengan suhu di negara subtropis atau bahkan suhu normal di beberapa negara di benua Eropa. Tapi ditambah dengan kepadatan atmosfer yang sangat kecil tadi, efeknya akan menjadi bertambah buruk bagi suara. Diperkirakan kecepatan rambat suara di Mars pada keadaan normal hanya sekira 2/3 dari kecepatan rambat suara di Bumi. Di Bumi kecepatan rambat suara di udara yakni sekira 340 meter per detik. maka di Mars kecepatan rambat suaranya hanya sekira 240 meter per detik. Walaupun kecepatannya hanya sedikit berbeda, tapi kepadatan atmosfer yang rendah, akan membuat suara sulit untuk bisa diterima oleh telinga.

Jika kita menggunakan speaker keras, tetap saja suara yang dihasilkan akan sangat kecil,  kecuali kita berada dalam jarak yang sangat dekat dengan speaker itu. Mungkin berbeda jika kita menggunakan headset atau earphone.

Jadi jika ada dua orang di Mars saling berbicara pada jarak normal dan tingkat kenyaringan suara yang juga normal, maka keduanya tidak akan mendengar suara apa-apa alias sunyi senyap, kecuali jika keduanya menggunakan spacesuit (pakaian luar angkasa) dan berbicara melalui transmisi radio, maka kita akan bisa saling berkomunikasi dengan mudah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s