Tahukah Kamu: Bisakah Kita Mendengar Suara di Permukaan Bulan?

moon_1stqtr_mar14_2008

Bulan.

Di Bumi kita bisa mendengar berbagai macam suara karena disekitar kita banyak sekali media yang dapat menghantarkan gelombang suara, khususnya atom-atom pada udara dalam jumlah yang sangat banyak dan saling melekat sehingga mampu merambatkan gelombang suara dengan sangat baik ke telinga kita. Selain itu media lainnya seperti logam, air, dan sebagainya juga bisa merambatkan suara meskipun dalam kemampuan yang berbeda-beda.

Nah bagaimana jika kita ada di permukaan Bulan?

Permukaan Bulan memang vakum, tapi masih ada atom-atom atau molekul-molekul yang terbang di atasnya walaupun dalam jumlah sangat sedikit. Jarak antar atom-atom tadi berjauhan dan jumlahnya juga sedikit sehingga tidak cukup mampu untuk menjadi media perambat suara.

Bagimana jika ada meteor atau komet jatuh di permukaan Bulan yang lokasinya tidak jauh dari kita, apa juga tidak terdengar?. Kita tetap tidak bisa mendengarnya secara langsung lewat udara, namun dimungkinkan lewat tanah Bulan yang merambatkan gelombang suara, kemudian mengalir ke kaki kita hingga sampai di telinga kita dalam kekuatan yang sudah sangat lemah akibat buruknya media perambat, sehingga kita mungkin hanya akan mendengar suara yang sangat kecil sekali atau bahkan tidak terdengar sama sekali. Meskipun begitu getaran akibat tumbukan meteor itu tetap bisa kita rasakan.

Cara untuk berkomunikasi di permukaan Bulan bagaimana? Caranya yakni dengan menggunakan gelombang radio. Gelombang radio tidak memerlukan media apapun untuk merambat bahkan di ruangan vakum sekalipun tetap bisa merambat, mirip dengan cahaya. Kecepatan rambat gelombang radio di ruang hampa juga sama dengan cahaya yakni sekira 300 ribu km per detik. Suara yang dikirimkan melalui mikrophone dikonversi dalam gelombang radio kemudian diterima oleh receiver dan diteruskan ke speaker yang ada di helm astronot.

————-

Jadi di mana tempat yang tepat untuk merenung dan menyendiri?. Jawabannya adalah Bulan. Karena di sana kita tidak akan mendengar suara apapun šŸ™‚ šŸ™‚ šŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s