Astronom India Temukan Kluster Galaksi Super Besar yang Diberi Nama Saraswati

Tim astronom dari Inter University Centre for Astronomy and Astrophysics (IUCAA) dan Indian Institute of Science Education and Research (IISER) di India berhasil menemukan sebuah kluster galaksi super besar yang terletak di konstelasi Pisces. kluster galaksi super ini menjadi salah satu formasi galaksi terbesar di alam semesta yang terletak sekira 4 miliar tahun cahaya dari Bumi. Kluster galaksi super ini mereka beri nama Saraswati yang dalam bahasa India kuno berarti sungai besar, dalam arti lainnya juga berarti nama salah satu dewi yakni dewi pengetahuan dalam kepercayaan India kuno.

kluster galaksi super saraswati

Kluster galaksi super Saraswati. Image credit: NDTV

Kluster galaksi Saraswati ini memiliki banyak sekali galaksi di dalamnya yang juga berbaur dengan gas dan materi gelap. Kluster galaksi super ini juga saling berhubungan dengan kluster galaksi lain yang lebih kecil ukurannya. Antara kluster galaksi saling terikat oleh gravitasi sehingga membentuk filamen yang mirip seperti aliran sungai. Dipercaya galaksi bergerak menuju kluster yang memiliki jumlah galaksi lebih banyak karena tarikan gravitasinya lebih kuat. Galaksi bergerak melalui filamen tersebut.

Menurut astronom, kluster galaksi Saraswati ini membentang sekira 600 juta tahun cahaya dan memiliki massa sekira 20 miliar massa Matahari kita.

Apa yang diamati oleh para astronom saat ini adalah apa yang terjadi pada kluster galaksi Saraswati 4 miliar tahun yang lalu atau tepatnya saat alam semesta kita berusia 10 miliar tahun.