Beginilah Nasib Bendera yang Ditancapkan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin di Bulan

Pada 16 Juli 1969, Amerika Serikat mengirimkan tiga orang astronotnya yakni Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins ke Bulan melalui misi Apollo 11. Tujuannya adalah untuk memecahkan rekor sebagai negara pertama yang berhasil mengirim manusia ke Bulan, mengalahkan Uni Soviet yang menjadi saingan terberatnya kala itu. Dengan menumpang roket Saturn V, misi itu pun dilaksanakan.

600px-apollo_11_csm_photographed_from_lunar_module_28as11-37-544529

Modul Eagle memisahkan dri dari modul Columbia. Foto diambil dari modul Eagle.

Modul Eagle yang ditumpangi Neil Armstrong dan Buzz Aldrin memisahkan diri dari modul Columbia yang dipiloti Michael Collins. Dan pada 20 Juli 1969 pukul 20:18, modul Eagle sukses mendarat di Bulan. Kata-kata-kata yang diucapkan Neil Armstrong saat itu adalah “The Eagle has Landed”.

Enam setengah jam kemudian (21 Juli 1969, pukul 02:56), Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang menjejakkan kakinya di Bulan dan ia mengucapkan kata-kata yang sampai saat ini banyak dikenang oleh umat manusia, yakni “That’s one small step for man, one giant leap for mankind”, 20 menit kemudian Buzz Aldrin menyusul Neil Armstrong, sekaligus mencatatkan namanya sebagai manusia kedua yang mendarat di Bulan.

apollo_11_first_step

Foto Neil Arsmtrong menjejakkan kakinya di Bulan. Foto diambil oleh kamera yang terpasang dekat kaki modul Eagle.

Setiap misi Apollo dibekali dengan bendera Amerika yang harus ditancapkan begitu mereka mendarat di sana. Pada misi Apollo 11, Buzz Aldrin menancapkan bendera Amerika berbahan nilon, seperti pada foto yang diambil oleh Neil Armstrong yang mengambil foto Buzz Aldrin sedang hormat bendera di Bulan. Bendera itu bukan berkibar melainkan ada penahan horizontal di atas bendera itu yang membuatnya tetap terbentang.

Lalu Apakah Bendera Amerika yang ditancapkan Pada Misi Apollo 11 itu masih berdiri tegak di Bulan?

595px-buzz_salutes_the_u-s-_flag

Foto Buzz Aldrin hormat bendera Amerika. Foto diambil oleh Neil Armstrong.

Menurut Buzz Aldrin bendera yang dulu ditancapkannya bersama Neil Armstrong kini sudah tidak ada. Kemana?. Menurutnya, bendera itu sudah hilang terhempas hembusan roket modul Eagle saat berangkat pulang menuju Bumi. Menurutnya, bendera itu ditancapkan sekira 8,2 meter dari titik pusat tempat dimana modul Eagle berada. Bendera itu jatuh tergeletak dan terkubur debu Bulan yang selanjutnya terpapar sinar ultraviolet. Karena berbahan nilon, bendera itu lama-kelamaan akan rapuh dan hancur. Kemungkinan besar bendera itu sudah hancur melainkan hanya tersisa tiangnya saja. Pada misi Apollo selanjutnya, NASA mengharuskan pemasangan bendera berada minimal 30 meter dari modul.

Menurut cerita, harga bendera yang ditancapkan pada misi Apollo 11 dibeli dengan harga $5,5 atau sekira Rp 74.000 dan harga tiangnya yang terbuat dari alumunium sekira $75 atau Rp 1 juta, tentunya dengan harga saat itu. Sampai saat ini ada 6 bendera Amerika yang sudah dtencapkan di Bulan yakni pada misi Apollo 11, 12, 14, 15, 16, dan 17. Selain bendera Apollo 11, diyakini semua bendera yang masih berdiri tegak di Bulan sudah tidak lagi berwarna merah, putih, biru. Kesemuanya sudah kehilangan warna alias putih akibat terpapar sinar ultraviolet parah dan pengaruh lingkungan Bulan yang ekstrim.

Salah satu bendera yang masih berdiri tegak di Bulan berhasil diabadikan oleh wahana LRO (Lunar Reconaissance Orbiter) yakni bendera Amerika pada misi Apollo 16 dan Apollo 17.

599615b6

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s