Setelah Tidur Lima Bulan, New Horizons Bangun

f3116f55-212f-45bb-af61f8a8a3f90f43

Ilustrasi New Horizons mengorbit 2014 MU69.

Masih ingat kan dengan New Horizons?? kalau lupa saya ingatkan :D, New Horizons adalah nama robot atau wahana NASA yang pada Juli 2015 lalu menjadi satu-satunya wahana yang berhasil mengambil foto Pluto pada jarak terdekat sehingga menciptakan gambar yang paling jelas dan detail dari mantan planet itu. Sebelum New Horizons, praktis tidak ada satupun teleskop atau wahana antariksa yang berhasil mengabadikan foto Pluto dengan jelas. Paling banter juga foto Pluto dari teleskop Hubble yang buram itu.

Oke kita lanjut, apa sih yang dialami New Horizons saat ini?? New Horizons sekarang berada pada jarak 5,82 milyar Km dari Bumi untuk menuju salah satu objek di Sabuk Kuiper bernama 2014 MU69. Menurut perkiraan sih, New Horizons akan sampai di orbit obyek itu pada 1 Januari 2019…masih lama….

Tim kontrol New Horizons di Johns Hopkins Applied Physics Laboratory, Amerika..Pada pertengahan September kemarin menerima kabar dari New Horizons kalau wahana itu sudah bangun dari fase hibernasinya selama lima bulan. Kenapa hibernasi, kok kayak beruang aja??? Hibernasi dilakukan New Horizons untuk memelihara kelangsungan instrumen-instrumen elektronik dan science yang dibawanya, untuk mencegah kerusakan, dan menghemat energi. Selama fase hibernasi, komputer yang tersemat pada New Horizons mati, namun instrumen lain tetap menyala dan mengabarkan pada tim di Bumi apa yang sedang terjadi pada diri New Horizons. Dari situ walaupun berada pada fase hibernasi, tim tetap dapat memantau jarak tempuh, kecepatan, arah, dan sebagainya dari wahana utusan NASA itu.

moclr_091117_v2

Suasana di ruang kontrol New Horizons, di Johns Hopkins Applied Physics Laboratory.

New Horizons mengabarkan pada tim kontrol bahwa kondisinya baik-baik saja, semua instrumen baik dan “sehat” serta dapat berfungsi normal. Dalam beberapa minggu ke depan, tim operasional akan menguji beberapa instrumen New Horizons seperti LORRI (Long Range Reconnaissance Imager), instrumen pendeteksi radiasi, gas, dan debu antariksa, dan sebagainya. Kan masih lama, kenapa dinyalakan sekarang?. Memang sih masih lama sampainya, tapi sembari melakukan perjalanan ke 2014 MU69, tim juga ingin melakukan pengamatan terhadap berbagai obyek yang memungkinkan untuk diteliti selama perjalanan di area Sabuk Kuiper. Agar perjalanan menjadi lebih berarti, hehehe.

Awal Oktober nanti, tim operasional akan mengupload software baru ke New Horizons, untuk mengupgrade software yang sudah ada. Apa tujuannya? ya software baru pastinya ditujukan untuk menambal celah atau kelemahan pada software sebelumnya, disamping juga menambahkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan performa New Horizons.

Nanti pada 22 Desember, New Horizons akan masuk lagi ke fase hibernasi dan akan bangun lagi pada 4 Juni 2018. Itu hibernasi terakhirnya sebelum melakukan persiapan bertemu dengan pujaan hatinya 2014 MU69.

Dengan jaraknya saat ini yang mencapai 5,82 milyar Km dari Bumi, dibutuhkan waktu 5 jam 24 menit sinyal radio komunikasi dari tim operasional di Bumi untuk sampai ke New Horizons yang berarti kalau bolak-balik komunikasinya bisa sekira hampir 11 jam walaupun sinyal radio bergerak dengan kecepatan cahaya di ruang hampa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s