Ada Es di Khatulistiwa Mars, Ahh Jangan Bercanda…

Medusae_Fossae_based_on_day_THEMIS

Area Medusa Fossae di Mars.

Ada berita yang menghebohkan jagat astronomi, saat peneliti NASA membuka kembali file laporan misi Mars Odyssey tahun 2002 di sana ternyata ada data yang secara tidak langsung menunjukkan keberadaan es di sekitaran khatulistiwa Mars, tepatnya di sekitaran area Medusa Fossae.

Jack Wilson peneliti dari Universitas Johns Hopkins mengungkapkan bahwa wahana NASA Mars Odyssey yang mengorbit Mars pada sekitar tahun 2001-2009 memberikan data bahwa di sekitar ekuator Mars ada sediaan besar hidrogen yang kemungkinan besar berwujud es.

Menggunakan teknik rekonstruksi gambar dengan mengilangkan noisenya, Wilson mendapatkan citra gambar dari area dengan luasan sekira 290 Km sampai 520 Km. Spektometer Neutron yang tersemat pada Mars Odyssey memungkinkan untuk melakukan pengukuran neutron di cakupan area tersebut yang bisa menunjukkan keberadaan hidrogen, Menggunakan instrumen Radar-Sounding dari wahana Mars Reconnaissance Orbiter dan Mars Express Orbiter (milik ESA), peneliti men-scan area Medusa Fossae dan hasilnya ada es di sana, tidak jauh di bawah permukaan planet itu. Medusa Fossae sendiri merupakan daerah di sekitaran khatulistiwa yang banyak terdapat deposit sisa letusan gunung berapi. Es terkubur tidak terlalu dalam di bawahnya.

Bagaimana mungkin bisa ada es di khatulistiwa Mars, mengingat tidak mungkin turun salju di khatulistiwanya? Sayang banget ilmuwan NASA pun sampai sekarang belum bisa menjawabnya.

Tapi ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. teori yang saat ini paling kuat yakni pada jutaan tahun lalu salju di daerah kutub bercampur dengan debu dan kemudian dibawa oleh atmosfer dan turun di khatulistiwa. Tapi mengingat kondisi di Mars saat ini sepertinya tetap mustahil es bisa bertahan eksis di Medusa Fossae.

Tapi menurut saya sih apa saja bisa terjadi, mengingat suhu Mars lebih dingin dari Bumi yang mana suhu pada musim terpanas di daerah ekuatornya hanya sekitar 20 derajat Celcius mirip seperti suhu di sekitaran benua Eropa di musim panas. Kalau malam suhu di Mars bisa jatuh banget sampai minus 73 derajat Celcius. Mungkin saja es bisa bertahan di sana atau juga es terbentuk saat dulu air masih mengalir di khatulistiwa dan membeku pada malam harinya mengingat suhu malam hari yang sangat dingin. Kenapa Mars bisa begitu dingin, ada beberapa faktor yakni karena atmosfernya terlalu tipis dan tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai penahan suhu, sehingga panas dari Matahari relatif langsung lepas keluar dari planet itu. Selain itu juga jaraknya yang lebih jauh dari Matahari dibandingkan Bumi.

——————

Para pembaca sekalian, kita tunggu saja hasil lebih jauh dari penemuan ini….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s