Aduhh, Peluncuran Teleskop James Webb Diundur Lagi…

teleskop james webb 1

Perbandingan ukuran teleskop James Webb dengan manusia. Lebih dari ukuran Bus.

Kabar buruk terpaksa harus diterima para penggemar astronomi, kenapa? ya seperti judul di atas, peluncuran telekop James Webb diundur dari yang awalnya Oktober 2018 menjadi Juni 2019..Apa yang terjadi?? masalah hardware kah??

Ternyata eh ternyata, menurut NASA dan ESA, mundurnya jadwal peluncuran teleskop James Webb ini disebabkan oleh rumit dan kompleksnya komponen dan instrumen pada teleskop itu sehingga membutuhkan waktu dan sertifikasi lebih lama untuk meyakinkannya bisa bekerja dengan baik di orbitnya nanti, ya maklum saja biayanya sekira 8,5 milyar Dollar bro, yang kalau di Rupiahkan sekira Rp 118 Triliun…ckckckck, itu duit semua lho :D.

Telekop James Webb ini tidak seperti Hubble. Kalau Hubble begitu rusak bisa diperbaiki oleh astronot karena orbitnya yang masih di seputaran Bumi ya sekira 570 Km di atas kita lah, kalau James Webb?? Orbitnya sekira 1,5 juta Km dari Bumi, begitu rusak, gak bisa diperbaiki. Jadi semuanya harus final..rusak hanya akan jadi sampai luar angkasa..hehehe…

631-hubble-james-webb-space-telescope-comparison

Perbandingan jangkauan telekop James Webb dengan teleskop lainnya. Klik di sini untuk memperbesar.

Teleskop ini ide awalnya sebenarnya sudah dari tahun 1996, tapi mundur terus, sampai sekarang. Jadi yang biasa kita lakukan saat ini ya cuma bersabar saja, sembari berharap penerus teleskop Hubble ini tidak meledak saat diluncurkan nanti, atau semuanya akan sia-sia dan cuma bakar uang..

Hemmm

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s