Wow Banget…Planet Ini Punya Cincin 200 Kali Lebih Besar dari Cincin Saturnus

Di tata surya kita, Planet yang punya cincin paling besar dan terlihat paling nyata adalah Saturnus. Tapi di nan jauh di sana, ada loh Planet yang punya cincin lebih besar 200 kali lipat dari cincin Saturnus, mau tahu Planet apa ??..baca terus yaa…

Planet itu adalah J1407b. Planet ini bukan berada di tata surya kita melainkan berada di konstelasi Centaurus mengorbit bintang 1SWASP J140747.93-394542.6 yang berjarak sekira 433 tahun cahaya dari Bumi.

Planet J1407b lebih besar dari Jupiter. Planet ini ini ditemukan oleh Erick Mamajek dari Universitas Rochester, New York dengan menggunakan metode transit, yaitu mendeteksi keberadaan Planet saat planet itu lewat di hadapan Bintangnya dan dari instrumen pengamatan astronom, Planet itu memblok cahaya dari suatu bintangnya itu. Dari situlah astronom tahu bahwa ada planet yang sedang lewat. Mudahnya sih mirip gerhana Matahari saat Posisi Matahari, Bulan, dan Bumi berada pada satu garis lurus dan Bulan itu memblok cahaya Matahari untuk sampai ke Bumi.

Lanjut ke cincin Planet J1407b…

Memang seberapa spektakuler sih cincin atau ring planet J1407b ini? Sangat…sangat…sangat spektakulerrrr… Bagaimana tidak, diameter cincinnya 200 kali lebih besar dari cincin Saturnus yang total diameternya hanya 600.000 km saja. Total ada 30 cincin yang mengitari planet J1407b dan setiap cincinnya diameternya bisa berjuta-juta km, jadi kalau ke 30 cincin itu digabung, diameter totalnya bisa sekira 120 juta km yang kalau di gambarkan sih misalnya cincin Saturnus di gantikan dengan cincin planet J1407b ini, maka cincin itu diameternya bisa mencapai Bulan dan bisa kita lihat dengan jelas dari Bumi. Ini ilustrasinya:

giantplanetj1407b
Ilustrasi Planet J1407b dan cincinnya.
2-giganticring
Kalau cincin Saturnus diganti dengan cincin J1407b, hasilnya seperti gambar di atas, Lebih jelas dan lebih besar dari penampakan Bulan saat dilihat dari Bumi.

Biasanya sih ya, pengamatan dengan metode transit yakni saat Planet melawati bintangnya dan terdeteksi dari Bumi, maka akan tampak hanya titik hitam kecil banget, ibaratnya seperti nyamuk ketika lewat di depan lampu senter. Tapi Planet J1407b mampu menutupi atau memblok cahaya bintang sampai 95 persen dan itu semua karena cincinnya yang super lebar itu. Padahal, Jupiter saja hanya mampu memblok cahaya Matahari sekitar 1 persen saja…amazing banget kann

Komposisi dari cincin itu terdiri dari debu dan es, mirip seperti cincin Saturnus. Ada space atau jarak ruang kosong di beberapa lapisan cincin itu yang menurut astronom disebabkan oleh adanya Bulan yang mengorbit Planet itu. Orbit Bulan tersebut membuat adanya jarak antara beberapa lapisan cincin. Massa Bulan itu diperkirakan besarnya antara massa Bumi dan Mars.

Namun sayang seribu sayang, sepertinya umur cincin itu mungkin ga begitu lama (menurut standar astronomi lho ya, hehehe). Diperkirakan dalam beberapa juta tahun ke depan, cincin itu akan mengecil dan bukan tidak mungkin akan hilang seiring dengan saling bergabungnya materi-materi dalam cincin itu untuk membentuk suatu obyek baru, ya contohnya seperti membentuk Bulan baru. Kelak Planet itu akan punya Bulan banyak banget. Maklum saja, Bintang planet J1407b yaitu Bintang 1SWASP J140747.93-394542.6 baru berusia sekira 16 juta tahun, jadi planet-planetnya juga masih berusia muda dan obyek dalam sistem tata suryanya beberapa diantaranya masih dalam proses pembentukan dan perkembangan, bandingkan saja dengan usia Matahari kita yang 4,5 miliar tahun, sistem tata suryanya boleh dibilang sudah mapan.

Benar-benar amazing dan WOW bangettt..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s