Planet Berlian ini Mengorbit Bintang yang Diameternya Hanya 19 km Saja

Umumnya planet mengorbit bintang yang lebih besar dari dirinya. Seperti contohnya Bumi kita mengorbit Matahari. Tapi jauh di tata surya lain ada lho planet yang mengorbit bintang yang ukurannya lebih kecil dari planetnya yaitu sebuah bintang yang ukuran diameternya hanya 19 km saja. Planet apa itu?

Nama planet itu PSR J1719–1483 b. Planet itu terletak di konstelasi Serpens sekitar 4000 tahun cahaya dari Bumi. Planet PSR J1719–1483 b sangat dekat dengan bintangnya, lebih dekat daripada Matahari dengan Merkurius.

Uniknya, planet ini mengorbit sebuah bintang yang diemeternya hanya 19 km saja. Tapi yang diorbitin bukan bintang sembarangan melainkan sebuah bintang dengan kekuatan super. Bintang itu adalah PSR J1719-1438. Bintang itu berusia 12,4 miliar tahun, jauh lebih tua dari Matahari kita. Walaupun ukurannya kecil tapi bintang itu sangat padat bahkan kepadatannya lebih padat dari berlian yang kalau di Bumi merupakan salah satu material alam dengan kepadatan tinggi. Massa bintang itu 1,4 kali lebih besar dari massa Matahari kita dengan ukurannya yang hanya 19 km itu….luarrrr biasa..

This artist's concept depicts a planetary system discovered by Aleksander Wolszczan in 1992 around a pulsar.
Ilustrasi planet PSR J1719–1483 b mengorbit bintang PSR J1719-1438.

Selain itu bintang PSR J1719-1438 berputar 10 ribu kali dalam 1 menit, ingat ya dalam 1 menittt yang berarti untuk sekali berputar hanya membutuhkan waktu 5,8 mili detik…sebagai perbandingan, Matahari kita untuk sekali berotasi membutuhkan waktu 25 hari…ckckckck

Bintang itu termasuk dalam kategori bintang Pulsar, karena karakteristiknya yang tidak biasa tadi.

Planet PSR J1719–1483 b merupakan salah satu planet paling padat yang pernah ditemukan, 20 kali lebih padat dari Jupiter dan ukurannya juga lebih besar. Komposisi terbesar planet ini adalah Oksigen dan Karbon. Oksigen ada di permukaan planet, sedangkan karbon berada di bawah permukaannya. Karena tekanan yang besar dari gravitasi planet itu, kemungkinan besar Karbon tadi terkristalisasi menjadi berlian. Oleh sebab itu planet itu juga dijuluki planet berlian…mau cepat kaya, kesana aja…hehehehe

diamond_planet2
Gambaran bintang PSR J1719-1438 dan planet PSR J1719–1483 b. Karena planet begitu besar sehingga gravitasinya membuat tekanan ke dalam juga sangat besar sehingga membuat karbon tertekan hebat dan terkristalisasi menjadi berlian. Klik di sini untuk memperbesar gambar.

Planet PSR J1719–1483 b untuk sekali mengorbit bintangnya hanya memerlukan waktu sekira 2 jam saja karena mengorbit dalam jarak yang cukup dekat yakni 619.173 km.

Satu kata saja….Amazing…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s