Ini Dia Planet Paling Hitam di Alam Semesta

Ini postingan pertama saya di bulan November 2017 :-). Langsung saja, cekidot…..

Sobat pernah tahu planet apa yang paling hitam di alam semesta ini?

Bagi yang sudah tahu, itu bagus, tapi bagi yang belum tahu, baca terus tulisan ini ya 🙂

Planet paling hitam atau planet tergelap di alam semesta yang diketahui manusia saat ini adalah planet TrES-2b. Planet ini berada sekira 750 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Draco dan mengorbit bintang GSC 03549-02811 pada jarak hanya 5 juta km. Bandingkan saja dengan jarak Matahari dengan Merkurius yang mencapai 58 juta km. Planet TrES-2b dikenal juga dengan sebutan Kepler-1b. Planet ini dtemukan pada tahun 2006 dengan menggunakan metode transit planet dengan menggunakan teleskop di Observatorium Palomar dan observatorium Lowell.

1316741811886841191
Planet TrES-2b dalam citra infra merah (dalam lingkaran kuning).
b3ebd88ddc3304c39e9522d5584e6b54
Ilustrasi Planet TrES-2b. Hanya untuk ilustrasi, karena kalau digambar hitam gelap, nanti gak kelihatan…hehehe

Planet ini merupakan planet gas mirip Jupiter tapi sedikit lebih besar dan sangat panas, kenapa? karena ia menyerap 99% cahaya bintangnya dan hanya 1% yang dipantulkannya. Bahkan menurut hasil penelitian terbaru yang lebih akurat, planet TrES-2b hanya memantulkan 0.04% cahaya bintangnya. Dengan kata lain, planet ini hitam kelam, hitam legam, hitam bangetlah pokoknya, lebih hitam dari areng…hehehehe.

Kenapa bisa begitu? itu terjadi karena komposisi atmosfernya yang tidak biasa yang mengandung unsur kimia yang menyerap cahaya seperti Sodium, potassium, dan titanium oksida. Materi kimia tadi menyerap cahaya dan merubah cahaya tadi menjadi panas, itulah sebabnya planet ini begitu hitam dan suhunya sangat panas yakni lebih dari 1.000 derajat Celcius. Hal itu berbeda dengan Jupiter yang atmosfernya mengandung amonia yang mampu memantulkan cahaya Matahari.

Karena suhunya yang begitu panas, terkadang dari beberapa bagian planet TrES-2b terlihat sedikit menyala-nyala merah tapi sangat redup.


Ini semua tidak final, hanya segelintir kecil planet yang diketahui manusia di alam semesta ini yang super luas yang jumlah planetnya mustahil untuk dihitung. Mungkin saja nanti ditemukan planet yang lebih hitam lagi…siapa tahu…

Satu kata saja….amazing….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s