Bukan Mainan, China Bikin Pesawat Ulang Alik Mirip Buatan Amerika

Sepertinya China memang bisa membuat apapun, mulai dari hal sepele, seperti mur, baut, mainan anak-anak, kapal induk, sampai pesawat siluman serupa F-35 milik Amerika, roket luar angkasa, satelit, stasiun luar angkasa milik sendiri seperti Tiangong dan sebagainya, kali ini China mengejutkan dunia dengan membuat pesawat ulang-alik yang sekilas juga mirip dengan pesawat ulang-alik Amerika yang kini telah dipensiunkan, Discovery.

Shenlong, space-aircraft, stealth fighter
Gambaran pesawat ulang-alik buatan China.
article-1299704188889-0d8ba8ef000005dc-999167_636x338
Pesawat ulang-alik Discovery buatan Amerika yang kini sudah dipensiunkan dan dipajang di James S. McDonnell Space Hangar.

Sekilas model pesawat ulang-alik China juga mirip pesawat ulang alik rahasia Amerika yang saat ini masih beroperasi, Boeing X-37:

article-2160222-13a5efc6000005dc-153_634x382
Pesawat ulang alik rahasia Amerika, Boeing X-37. Misi utama tidak diketahui…namanya juga rahasia…hehehehe.

Tidak seperti pesawat luar angkasa lainnya yang butuh roket pendorong untuk membantunya mengangkasa, menurut Chen Hongbo salah satu peneliti dari China Aerospace Science and Techology mengungkapkan bahwa pesawat ini ke luar angkasa dengan cara yang mirip dengan pesawat pada umumnya, yakni take off kemudian terus menerus menambah ketinggian hingga akhirnya tembus ke luar angkasa…

Menurut informasi, pesawat ulang alik China ini akan digunakan untuk mengirim perbekalan dan anggota kru ke stasiun luar angkasa mereka. Setelah itu pesawat akan kembali ke Bumi karena memang pesawat ulang-alik ini reusable atau yang artinya bisa digunakan kembali, beda dengan roket kebanyakan (kecuali milik SpaceX ) yang hanya sekali pakai.

Diklaim dengan bisa digunakan kembali akan menghemat biaya transportasi karena tidak perlu membuat ulang dan juga ongkos perawatannya juga tidak mahal. Kedepannya pesawat ulang-alik ini kemungkinan juga digunakan untuk wisata perjalanan luar angkasa. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, pesawat ulang-alik China ini akan diluncurkan pada tahun 2020.

Bagaimana dengan Indonesia yang baru akan bisa meluncurkan roket pembawa satelit pada tahun 2040??

Saat itu mungkin China sudah bisa pergi ke Mars…wkwkwk (hanya bisa ketawa dalam hati).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s