Mengungkap Misteri Semprotan Uap Air di Enceladus

Mungkin sobat sudah pernah melihat foto Enceladus, salah satu bulan milik Saturnus. Nah pada foto yang diambil oleh wahana Cassini tahun 2009 lalu, pada kutub Selatan Enceladus tampak adanya pancaran uap air yang membumbung tinggi hingga ratusan kilometer. Kenapa dan apa yang menyebabkan itu bisa terjadi??

1-heatingocean
Pancaran atau semburan uap air di kutub selatan Enceladus.
heatingocean
Kumpulan foto hasil jepretan kamera Cassini selama 14 jam yang kemudian disatukan menjadi gambar bergerak saat mengamati Enceladus pada jarak 868 ribu km. Pancaran uap air Enceladus terlihat sangat jelas dan tinggi.

Menurut peneliti Gael Choblet dari Univesitas Nantes, Prancis, pancaran uap air (geyser) itu terjadi akibat masih aktifnya aktifitas hidrotermal di dalam interior Enceladus selama miliaran tahun. Diyakini aktifitas hidrotermal itu terjadi akibat efek pasang surut yang ditimbulkan oleh interaksi dengan Saturnus. Mekanismenya bagaimana?

Lapisan paling atas Enceladus terdiri dari lapisan es setebal sekira 20-25 km, namun di daerah kutub selatannya, lapisan es itu tebalnya hanya sekira 1-5 km saja. Efek pasang surut akibat interaksi gravitasi dengan Saturnus, menyebabkan material batuan di dalam Enceladus bergesekan dan menghasilkan panas. Panas itu kemudian menghangatkan air di interior Enceladus yang kemudian karena panas menghasilkan tekanan yang tinggi, air panas tadi terdorong ke luar beserta dengan material batuan menembus lapisan batuan di bawah samudera di bawah lapisan es tadi. Akibatnya suhu samudera menjadi memanas dan panas tadi mencari jalur untuk keluar, dan saat panas tadi menemukan jalan untuk keluar melalui celas di lapisan es Enceladus, panas tadi menyemprot keluar bersama dengan uap air, material batuan, serpihan es, dan sebagainya.

enceladus_layout_4_10

Diperkirakan tinggi semprotan uap air itu bisa mencapai 50 sampai 100 km di atas permukaan Enceladus dan jumlahnya lebih dari 100 semprotan.

Menurut peneliti, kekuatan pelepasan energi dari bawah samudera Enceladus mencapai sekira 5 GW (Gigawatt), setara dengan energi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik geotermal di Islandia selama setahun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s