Bintang Ini Mati Suri !!!

understanding-the-origin-of-type-ia-supernovae-2
Ilustrasi supernova.

Gimana kalau misalnya ada orang mati yang sudah mau dikubur trus dia hidup lagi, pasti kita akan lari ketakutan, orang-orang sering menyebutnya dengan istilah mati suri. Hal itulah yang terjadi pada sebuah bintang misterius yang sepertinya menolak untuk mati…hehehe

Bintang misterius ini bernama iPTF14hls yang terletak di konstelasi Ursa Major, meledak dalam ledakan supernova saat ukurannya 50 kali Matahari kita, menghasilkan supernova yang juga dinamai iPTF14hls. Awalnya sih peneliti menganggap supernova ini tidak aneh dan mirip seperti supernova lainnya, tapi ternyata ada keanehan. Apa itu?

Setelah terdeteksi pertama kali pada tahun 2014 lalu, peneliti menggolongkannya ke dalam supernova tipe II-P yang mana biasanya pada supernova jenis ini, cahayanya akan tetap terang setidaknya selama 100 hari. Tapi supernova iPTF14hls tetap terang dalam waktu lebih dari tiga tahun hingga saat ini, WTF???

Ternyata eh ternyata, setelah membuka arsip-arsip tua tahun 1954, ternyata di lokasi yang sama dengan tempat terjadinya supernova iPTF14hls, pernah terjadi ledakan supernova juga. Tapi pada tahun 1993, lokasi yang sama tidak terdeteksi adanya supernova, dan kemudian terdeteksi lagi pada September 2014 dengan menggunakan instrumen dari Palomar Transient Factory (PTF). Peneliti yakin bahwa itu adalah supernova dari bintang yang sama seperti yang terdeteksi pada tahun 1954…apa yang terjadi sebenarnya???

110817_lg_supernova_inline_2_730
Tahun 1954 (kiri) supernova yang diyakini dari bintang yang sama dengan asal supernova iPTF14hls terdeteksi. Tahun 1993 (kanan), supernova itu hilang dan tahun 2014, peneliti menemukan supernova di tempat yang sama dengan supernova tahun 1954, peneliti menamakannya supernova iPTF14hls.
1-starexploded
Perbedaan tingkat kecerahan supernova iPTF14hls dengan supernova lain pada umumnya.

Biasanya supernova terjadi hanya sekali kemudian membentuk lubang hitam, tapi bintang misterius ini menghasilkan ledakan supernova dua kali, supernova apa ini saudara-saudara???

Menurut Arcavi, ilmuwan NASA, supernova iPTF14hls merubah seluruh pemahaman astronom mengenai supernova, merubah pemahaman tentang bagaimana sebenarnya supernova terjadi, dan supernova iPTF14hls merupakan misteri yang harus dipecahkan. Kata Daniel Kasen, Professor di UC Berkeley, supernova jenis ini dimungkinkan untuk bisa terjadi jika bintang yang meledak sangat masif massanya dan juga sangat panas suhunya sehingga mampu menghasilkan antimateri di intinya. Hal itu akan menyebabkan ketidakstabilan sehingga mengakibatkan ledakan berulang selang beberapa tahun kemudian. Tapi tetap saja bagaimana mekanismenya, belum ada yang tahu pasti.

Astronom terus memantau supernova iPTF14hls yang saat ini masih tetap terang bercahaya. Menurut Andy Howell, peneliti yang terlibat dalam studi ini, supernova iPTF14hls bisa saja sebuah supernova jenis baru yang belum kita ketahui.

Bintang itu kemungkinan mati suri, tapi kelak akan mati beneran…hehehe