Adakah Foto Nyata / Asli Lubang Hitam ??

Adakah foto nyata / foto beneran lubang hitam itu?

Selama ini kebanyakan dari kita hanya melihat ilustrasi atau gambaran dari bentuk lubang hitam seperti ini:

blackhole-lead

Seperti ini:

1-13743-c0141244-black_hole_artwork-spl-1

Seperti ini:

12312

Dan seperti lubang hitam Gargantua di film Interstellar:

black-hole-model
Lubang hitam di film Interstellar.

Tapi mungkin banyak yang penasaran, ada nggak sih foto asli atau foto beneran dari lubang hitam??…Jawabnya….baca terus ya 😀 😀 😀

Lubang hitam salah satu obyek luar angkasa yang misterius. Lubang hitam tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang, kenapa?? ya karena tidak nampak…seperti halnya kita mencium bau kentut, bisakah kita melihat gasnya??? tidak kan…tapi baunya kecium 🙂 🙂

Sesuatu bisa kita lihat kalau sesuatu itu memancarkan cahaya atau ada media yang bisa memantulkan cahaya, sedangkan lubang hitam tidak keduanya…kita juga tidak bisa melihat mana batas atau tepi lubang hitam, karena memang tak terlihat beda dengan background luar angkasa yang gelap….kecuali…baca terus yaa 🙂

Kalau gitu lubang hitam termasuk obyek gaib donk…menurut saya definisi gaib kurang pas deh sebab sesuatu yang gaib terkesan mengesampingkan pembuktian, yang ada hanya percaya saja kalau sesuatu yang gaib itu benar-benar ada.

Lubang hitam walaupun tak nampak dengan mata telanjang, tapi bisa diketahui keberadaannya melalui perilaku materi yang ada di sekitarnya. Contohnya pada foto yang diambil oleh teleskop Hubble ini yang mana di situ terlihat materi debu yang sedang mengelilingi suatu lubang hitam di pusat galaksi NGC 4261:

radnfig5

Materi debu tadi berputar mengitari lubang hitam hingga membentuk piringan (disk), akselerasi perputarannya dipercepat oleh gravitasi lubang hitam kemudian materi debu tadi menjadi terpanaskan dan memancarkan sinar-X dan sinar gamma. Pada gambar di atas tampak di tengah pusaran itu ada titik yang menyala, itulah pancaran jet sinar gamma, lubang hitam ada di bawah titik itu. materi debu tadi jika sudah masuk ke event horizon lubang hitam maka akan langsung masuk ke dalamnya dan tidak bisa ke luar lagi.

blackholes_accretion
Ilustrasi apa yang terjadi di dekat lubang hitam.

Debu itu bisa kita lihat melalui pancaran sinar-X nya dan lubang hitam yang gelap pun bisa terlihat, itu karena kita melihat materi di sekitar lubang hitam itu, bukan karena lubang hitamnya. Lubang hitam tidak bisa memantulkan cahaya akan tetapi justru cahaya itu yang akan diteruskan dan masuk ke dalamnya.

Tapi walaupun tidak bisa memancarkan cahaya, lubang hitam sangat mudah dideteksi yaitu lewat pancaran gelombang sinar-X dari obyek yang akan dimakannya, contohnya pada foto di bawah ini:

sgr_lg

Foto di atas merupakan foto pusat galaksi Bima Sakti dimana di tengahnya ada lubang hitam bernama Sgr A (Sagittarius A) (di dalam kotak). Foto itu diambil menggunakan teleskop Chandra, terlihat pada foto inframerah itu emisi sinar-X dari gas yang akan masuk ke lubang hitam (berwarna biru). Gas itu suhunya sangat panas dan awalnya berasal dari bintang-bintang yang baru lahir. Lubang hitam Sagittarius A memiliki massa 4 juta massa Matahari kita dan berjarak 26 ribu tahun cahaya dari Bumi.

Jadi kesimpulannya adakah foto nyata lubang hitam, jawabannya ADA. Koleksi foto lubang hitam lainnya bisa dilihat di sini https://www.nasa.gov/mission_pages/chandra/main/index.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s