Bisakah Helikopter Terbang di Mars?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita harus tahu dulu bagaimana cara helikopter terbang di Bumi.

Helikopter bisa terbang karena ada baling-baling…<<—(jawaban anak alay)..wkwkwk

Serius…

Bagaimana cara helikopter terbang?

1436_foto_472

Helikopter menggunakan baling-baling besarnya untuk menghasilkan kecepatan angin yang cukup besar akibatnya akan ada tekanan udara ke bawah. Mengacu pada hukum ketiga Newton, udara akan memberikan reaksi balik yang akan mengangkat helikopter itu ke atas. Inilah sebabnya kenapa helikopter bisa terbang.

Baling-baling helikopter bukan sembarangan, bentuknya airfoil dengan lengkungan di atasnya seperti gambar di bawah ini

plvwp
Baling-baling helikopter berbentuk airfoil untuk menciptakan hembusan angin yang kuat.
airfoil_500pics
Bentuk baling-baling airfoil membuat daya angkat ke atas.

Akibatnya kecepatan udara di atas baling-baling lebih cepat dan menghempaskan angin ke bawah dan menciptakan gaya angkatan ke atas. Baling-baling utama helikopter berputar searah jarum jam tapi karena ada momentum sudut jika tidak ada gaya yang mempengaruhi maka momentum sudut menjadi nol, akibatnya, bodi helikopter akan bergerak berlawanan arah dengan arah putaran baling-baling utama (baling-baling atas).

helicopter-yaw
Baling-baling pada ekor berguna untuk menahan bodi helikopter untuk tidak ikut berputar akibat efek putaran baling-baling utama. Arah putaran bodi berlawanan dengan arah putaran baling-baling utama.

Untuk itu diperlukan baling-baling pada ekor untuk menahan gerakan bodi helikopter.

Untuk naik, turun, berbelok, dan manuver lainnya, tinggal memainkan kemiringan baling-baling utama saja. Seperti pada gambar di bawah ini:

cara gerak helikopter
Lihat posisi baling-baling utamanya.  Berbeda kemiringannya, berbeda juga arahnya.

Helikopter bisa terbang di Bumi karena tekanan udara/atmosfernya bagus, berbeda jauh dengan tekanan atmosfer Mars. Tekanan atmosfer Mars sangat kecil sekira 600 pascal (0.087 psi; 6.0 mbar) jauh dibanding Bumi yang mencapai 101.3 kilopascal (14.69 psi; 1.013 bar) dengan kata lain tekanan atmosfer Mars 0,6% tekanan atmosfer Bumi. Tekanan atmosfer di permukaan Mars setara dengan tekanan atmosfer pada ketinggian 35 km di Bumi. Hal itu menyebabkan hanya sedikit udara atau angin yang bisa dihempaskan ke bawah oleh baling-baling helikopter untuk mampu mengangkat bodi helikopter ke atas. Jika memang benar-benar ingin terbang, maka helikopter harus punya baling-baling super besar dan super panjang serta mesin yang mampu membuat baling-baling itu berputar super cepat untuk membuat sapuan udara yang cukup untuk mampu membuat bodi helikopter naik. Gravitasi Mars yang kecil yang setara dengan 38% gravitasi Bumi, tidak akan cukup membantu helikopter bisa terangkat ke atas.

640px-us_coast_guard_helicopter_rescue_demonstration
Helikopter penjaga pantai dan SAR (Search and Rescue).

 

7322f8fa6057a94db0a920ac45ed8fc2-sikorsky-aircraft-military-aircraft
Helikopter crane ngangkat tank…no problem..

Helikopter penumpang maupun helikopter barang yang ada di Bumi, sangat sulit untuk bisa terbang di Mars, kecuali membuat baling-baling super besar dan putarannya juga harus super cepat trus bodi helikopter juga harus sangat ringan. Itu sulit banget, apalagi rata-rata berat kosong helikopter rata-rata 1 ton lebih, berat mesin dan baling-balingnya saja mungkin sudah lebih dari setengah berat totalnya, mungkin bodi harus pakai serat karbon biar lebih ringan…hehehehe

Helikopter yang bisa terbang di Mars mungkin dalam bentuk helikopter drone. Drone helikopter bisa terbang di Mars, dengan syarat yang sama seperti di atas tadi yaitu baling-balingnya besar, perputarannya super cepat, bobotnya super ringan. Saat ini sih masih dalam tahap percobaan oleh NASA. Ya kita harap kelak bisa dikirim ke Mars. Helikopter akan bisa menjelajah lebih jauh, lebih cepat, dan lebih bisa melakukan banyak hal dibanding dengan rover, meskipun risiko menerbangkan drone helikopter di Mars juga berisiko, karena debu Mars berukuran mikro berterbangan di atmosfernya (rata-rata berukuran 1,5 mikrometer) yang bisa masuk ke rotor mesin drone. Debu itulah yang menyebabkan langit Mars berwarna kuning kecoklatan saat dilihat dari permukaan planet itu.

383966-mars
Udara Mars yang kering dan berdebu.

Seperti ini drone helikopter NASA yang rencananya untuk misi di Mars:

mars-helicopter-jpl1
Ilustrasi
drone helikopter
Ilustrasi
mars-_helicopter_final15-640x353
Ilustrasi
mars-helicopter
Ilustrasi

 


Kesimpulannya, terbang dengan helikopter di Mars, sangat, sangat sulit, kalau tidak mau dibilang tidak mungkin 😦

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s