Aneh, Bintang Ini Umurnya Lebih Tua dari Umur Alam Semesta

Kejutan datang dari sebuah bintang yang jaraknya 190,1 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Libra, bintang itu adalah HD 140283.

oldest_star_in_solar_neighbourhood
Bintang HD 140283 (terang di tengah), publikasi Digitized Sky Survey.

Menurut penelitian yang dilakukan menggunakan teleskop Hubble, diketahui umur bintang itu 14,5 miliar tahun (margin error 800 juta tahun). Umur bintang itu bertentangan dengan umur alam semesta yakni 13,8 milyar tahun…lha kok bisa, mana yang benar ini???

Tidak mungkin bintang lahir sebelum alam semesta lahir (sebelum Big Bang terjadi) dan diketahui bahwa bintang HD 140283 komposisi terbesarnya adalah hidrogen dan helium yang fresh from the Big Bang. Tapi kenapa umurnya bisa 14,5 milyar tahun ya??

Seperti diketahui bahwa semua komponen penyusun alam semesta seperti energi gelap, energi, nutrino, foton, antimateri, dan materi gelap semuanya berasal dari Big Bang. Jadi kemungkinan kesalahan menghitung umur bintang HD 140283 mungkin terjadi. Tapi bisa jadi kesalahan terjadi pada pengukuran umur alam semesta, yang bisa saja lebih tua dari 13,8 milyar tahun, tapi kemungkinan kesalahan menghitung umur alam semesta itu kecil, karena alam semesta ini komposisinya hampir konstan yang mana terbuat dari 68 persen materi gelap, 27 persen materi gelap, 4,9 persen materi biasa/normal, 0,1 persen nutrino, dan 0,01 persen radiasi. Hasil dari pengukuran materi-materi itu didapatkan hasil bahwa usia alam semesta adalah 13,8 milyar tahun. Tingkat kesalahannya hanya sekira 100 juta tahun, seandainya ditambahkan pun tidak bakal lebih dari 14,5 milyar tahun. Jadi kemungkinan terbesarnya adalah salah saat menghitung umur bintang HD 140283.

Secara umum sih bintang-bintang tua di alam semesta bisa terdeteksi dari massanya yang rendah (lebih rendah dari massa Matahari kita), trus hanya punya sedikit komposisi logam (elemen selain hidrogen dan helium). Selain itu juga bisa dari mengamati komponen lain seperti karbon dan oksigen, serta melalui pancaran radiaktif dari uranium dan thorium yang ada pada bintang.

Ketidakpastian mengenai umur bintang HD 140283 terjadi saat astronom menggunakan teleskop Hubble melakukan pengukuran terhadap tingkat kecerahan, temperatur, dan komposisi bintang itu, hasilnya didapat angka 14,5 milyar tahun. Tapi begitu dihitung komposisi besinya hanya 0,4 persen dari komposisi besi Matahari kita, angkanya bisa lebih kecil 800 juta tahun dari perkiraan sebelumnya. Hal itu menimbulkan kontroversi, 14,5 milyar atau 13,7 milyar?? Apa iya umur bintang lebih tua dari umur alam semesta itu sendiri…that is impossible..

Bintang-bintang purba berusia sekira 12 milyar tahun atau bahkan lebih tua lagi banyak dijumpai di globular cluster Omega Centauri di konstelasi Centaurus berjarak 15,8 ribu tahun cahaya dari Bumi. Di sana bisa dikatakan gudangnya bintang-bintang tua yang lahir tidak lama setelah Big Bang terjadi.

omega_centauri_by_eso-e1465076901309
Globular cluster Omega Centauri, gudangnya bintang-bintang tua.

Sebelum ditemukannya bintang HD 140283, rekor bintang tertua dipegang oleh bintang SMSS J031300.36-670839.3 atau singkatnya disebut bintang SM0313 yang ada di konstelasi Hydrus di galaksi Bima Sakti dan berjarak 6000 tahun cahaya dari Bumi.

oldeststar-sm0313-smssj031300366708393-20140210
Bintang SM0313 (ditandai panah).

Bintang itu ditemukan pada Februari 2014. Bintang itu umurnya 13,6 milyar tahun. Rekor itu terpecahkan oleh bintang HD 140283 karena meskipun terdeteksi umurnya 14,5 milyar tahun dengan tingkat kesalahan sekira 800 juta tahun, maka umur minimalnya tetap lebih tua dari SM0313, yakni 13,7 milyar tahun yang berarti lahir hanya 100 juta tahun setelah Big Bang…rekorpun terpecahkan…

Astronom percaya bahwa bintang HD 140283 awalnya berasal dari sebuah galaksi kerdil purba yang kemudian dimakan oleh Bima Sakti 12 milyar tahun lalu. Keberadaan bintang ini sudah diketahui sejak lebih dari 100 tahun lalu, karena bintang ini bergerak dengan kecepatan 1,3 juta km/jam di langit sehingga mudah dideteksi karena cahayanya kelap-kelip dengan intensitas yang cepat.

Amazing….